Berita

Halaman Berita

PAIN KUA Pasar Kliwon Silaturahmi Ke KUA Ngargoyoso

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar - 23 November 2020

* Penyerahan kenang - kenangan dari PAIN KUA Pasar Kliwon Kepada PAIN KUA Ngargoyoso.

Karanganyar - Pain KUA Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, melakukan kunjungan ke KUA Kecamatan Ngargoyoso, Kamis (19/11/20). Kedatangan Rombongan di sambut hangat oleh Keluarga Besar KUA Kecamatan Ngargoyoso. Tujuan melaksanakan kunjungan tersebut sebagai kegiatan silaturahmi dan bertukar pengalaman.

"Kunjungan ini sebagai kegiatan silaturahmi dan bertukar pengalaman antara Pain KUA Kecamatan Pasar Kliwon dan Pain Kecamatan Ngargoyoso," ujar Drs. H. Joko Sarjono, MSi

KUA Kecamatan Ngargoyoso sendiri sangat bersyukur sudah dipilih sebagai tempat kunjungan silaturahmi oleh Pain KUA Kecamatan Pasar Kliwon.

"Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pain KUA Kecamatan Pasar Kliwon yang telah memilih KUA Kecamatan Ngargoyoso sebagai tujuan untuk silaturahmi, mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam menyambut," ujar Suratman,S.sy., Paif KUA Kecamatan Ngargoyoso.

Dalam kesempatan ini, Pain Kecamatan Ngargoyoso mendapat ilmu baru tentang sejarah keraton Surakarta. Kemudian perwakilan dari Pain KUA Kecamatan Pasar Kliwon tersebut menyampaikan pengalamannya.

"Saya kebetulan mendapatkan tugas dibidang keluarga sakinah, banyak pernikahan usia dini yang terjadi di Kota Surakarta. Anak yang masih duduk di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas sudah menikah dikarenakan suatu hal. Sehingga ini semua menjadi tugas kita sebagai penyuluh untuk bersosialisasi ke masyarakat," ujar Slamet, Pain Kecamatan Pasar Kliwon.

Pencapaian Pain KUA Kecamatan Pasar Kliwon yaitu mereka sudah bisa berdakwah ke para pedagang di sekitar keraton untuk melaksanakan sholat jamaah dan mengumpulkan para takmir masjid untuk kegiatan pembagian sembako. Pertemuan dilakukan secara bergantian antar takmir masjid.

"Kami melakukan kerjasama dibidang wisata disekitar keraton dengan dakwah kepada para pedagang untuk melaksanakan sholat berjamaah. Karena adanya pandemi covid-19 jamaah masjid keraton berkurang," ujar Sulaiman, Pain KUA Kecamatan Pasar Kliwon.

Selanjutnya Pain KUA Kecamatan menanggapi perihal pernikahan usia dini. Bahwasannya pernikahan dini juga banyak terjadi di Kecamatan Ngargoyoso. Pernikahan dini terjadi karena adanya beberapa kasus. Kurangnya pembelajaran agama bagi orangtua dan anak menjadi salah satu faktor hal tersebut bisa terjadi.

"Dari pengalaman saya mengikuti sosialisasi kekerasan dalam lingkungan keluarga. Saya mendapatkan pembelajaran bahwa pernikahan usia dini terjadi salah satu faktor dari keluarganya itu sendiri, kurangnya pemahaman agama dari orangtua maupun anak. Sehingga sosialisasi dalam masyarakat saya kira memang sangat penting supaya dapat meminimalisir pernikahan usia dini," ujar Sudarti, S.Pd., Pain KUA Kecamatan Ngargoyoso.

Kemudian bagi Pain KUA Kecamatan Ngargoyoso, menguasai satu bidang spesialis dalam penyuluhan menurutnya sangat kurang sekali. Jadi sebagai Pain perlu juga belajar di bidang spesialis lainnya untuk menambah ilmu.

"Pain Kecamatan Ngargoyoso dalam penyuluhan saling membantu satu sama lain dan bertukar pengalaman dan ilmu. Karena saya rasa menguasai satu bidang saja tidak cukup," jelasnya.(da-hd/sua)


Dibaca sebanyak 141 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Kebersamaan Untuk Masyarakat Rukun Kantor Kementerian Agama Kota Magelang - 18 Januari 2021

Kemenag Kab. Tegal Rekrut PPNPN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 18 Januari 2021

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial