Berita

Halaman Berita

PAIS Sukoharjo Kuatkan Data Guru Agama Islam

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 06 September 2019

* Sebanyak 38 Operator Siaga pada jenjang SD, SMP dan SMA/K mengikuti Sosialisasi Penguatan Data Guru Agama Islam yang diadakan oleh Seksi PAIS Kankemenag Kabupaten Sukoharjo di RM. Pak Harto, Kamis(5/0/2019).

Sukoharjo – Sistem Informasi Pendataan untuk pencairan Tunjangan Bagi Guru Agama kini memasuki Babak baru dengan diberlakukannya Aplikasi Siaga(Sistem Informasi Guru Agama), sebelumnya pendataan guru agama masih menumpang pada aplikasi Simpatika milik seksi Pendidikan Madrasah.

Pemberlakuan Aplikasi Siaga tersebut disambut oleh Kankemenag Kabupaten Sukoharjo melalui Seksi PAIS dengan mengadakan Sosialisasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam bagi 38 Operator Siaga pada jenjang SD, SMP dan SMA/K se-Kabupaten Sukoharjo di Rumah Makan Pak Harto Kamis(5/9/2019).

Dalam laporan singkatnya, Kasi PAIS T. Istanto mengatakan bahwa sebuah data hendaklah valid, up to date dan akuntable, artinya data itu harus sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya, terkini dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara pribadi maupun organisasi.

Senada dengan hal tersebut, Kakankemenag Kabupaten Sukoharjo, Ihsan Muhadi mengatakan begitu cepatnya pusat mengadopsi berbagai kemajuan teknologi di era digitalisasi ini adalah semata-mata untuk semakin mempermudah dan memperkuat sistem yang ada. Untuk itu menurutnya, operator di daerah harus sigap untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Kemenag memiliki data yang sangat besar, baik dari Siskohat, simpatika, dan system informasi data lain yang dimilikinya. Menurut Ihsan, disamping moderasi beragama dan kebersamaan ada satu hal yang juga penting untuk dibangun yakni integrasi data.

”Data itu penting, membuat data itu sulit tetapi bekerja tanpa data akan jauh lebih sulit lagi,” tandas Ihsan.

 “Integrasi data itu sangat penting sekali, banyaknya aplikasi, Kementerian Agama ingin datanya tersentral, pada akhirnya akan menghemat waktu dan juga energi,” pungkasnya.

Sementara itu ditemui ditempat terpisah, Admin Aplikasi Siaga Kankemenag Kabupaten Sukoharjo, Digdo menjelaskan secara rinci sistematika dan jalur yang harus dilalui oleh operator Siaga manakala berinterkasi dengan Aplikasi tersebut, diantaranya tentang rasio siswa minimal yang dapat diterima oleh aplikasi sehingga jam pelajarannya terhitung, prosedur yang harus dilalui oleh Guru Agama dengan rasio siswa yang tidak terpenuhi untuk dapat diakui jam pelajarannya yang pada akhirnya penentuan layak atau tidaknya guru agama yang bersangkutan mendapatkan SKMT(Surat Keterangan Melaksanakan Tugas) sebagai prasyarat penerbitan Surat Keterangan Beban Kerja (SKBK)  untuk pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Disamping itu Digdo, berharap agar antara guru dan operator saling mendukung dan bekerjasama dalam menginput data yang benar ke Siaga, tidak aktif dan tidak valid dalam meng-input data sudah bisa dipastikan guru yang bersangkutan tidak akan mendapatkan haknya.

Menurut Digdo fungsi paling utama dari Aplikasi Siaga tersebut adalah selain sebagai basis pencairan TPG, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mendaftarkan diri mengikuti pre tes PPG (Program Profesi Guru), setelah berkas diverifikasi dan divalidasi, kemudian dinyatakan layak oleh admin, maka guru yang bersangkutan akan mendapatkan porsi untuk dapat mengikuti tes atau ujian tersebut.(djp/rf)


Dibaca sebanyak 51 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial