Berita

Halaman Berita

Pelajari dan Kunjungilah Dunia

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 16 April 2019

* Native Speaker oleh English Club danĀ  OSIS MAN 1 Surakarta bekerja sama denga English First. (16/4)

Surakarta - Pagi yang cerah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 1 Surakarta. Nampak puluhan siswa kelas 10 dan 11 duduk dengan rapi di atas tikar. Mereka nampak dengan semangat menyimak materi yang disampaikan. Kadang mereka manggut-manggut untuk mencerna apa yang disampaikan pembicara. Ada apa gerangan ?

Inilah keseruan acara Native Speaker yang diadakan oleh English Club danĀ  OSIS MAN 1 Surakarta bekerjasama dengan bimbingan bahasa Inggris English First (EF), Selasa (16/4). Tampil sebagai pembicara adalah Mr. Benjamin Ellis dari Florida, Amerika Serikat.

Dalam pemaparannya, Mr. Benjamin Ellis menceritakan budaya di Barat berbeda dengan di Indonesia.

"Misalnya dalam hal mengucapkan salam (greeting). Biasanya saat bertemu dengan orang lain, mereka saling berjabat tangan dengan erat dan saling menanyakan kabar," kata Mr. Benjamin. Biasanya, lanjut Benjamin, mereka saling memeluk satu sama lain. Hal ini tentu sangat berbeda dengan di Indonesia.

Mr. Benjamin Ellis yang sudah tujuh tahun tinggal di Indonesia ini, juga menceritakan beberapa tempat terkenal di dunia lewat layar lcd. Misalnya gambar Patung Liberty, Golden Gate Bridge, Hollywood, Taj Mahal, Sydney Opera dan Thames River Bridge.

"Apa yang kalian bayangkan dari gambar-gambar tadi ?" tanya Mr. Benjamin dalam bahasa Inggris. Kemudian dia menunjuk siswa maju dan menyampaikan pendapatnya dalam bahasa Inggris. Siswa dengan antusias menjawab pertanyaan Mr. Benjamin. Seperti yang disampaikan Agus, siswa kelas 10 IPA 4.

"Tempat-tempat tadi adalah tempat yang terkenal di dunia, menjadi tujuan wisatawan seluruh dunia," kata Agus. Mr. Benjamin menambahkan, jika siswa ingin bisa mengunjunginya maka harus menguasai bahasa asing, karena itulah kunci awal untuk keliling dunia. Belajar bahasa menurut Mr. Benjamin, harus percaya diri. Jika kita baru menguasai satu kata atau kalimat, maka ulang-ulangilah menggunakannya.

"Because language is habit, you should practice it everyday," kata Mr. Benjamin.

Sementara itu saat membuka acara, Slamet Budiyono selaku kepala MAN 1 Surakarta, sangat mengapresiasi acara ini.

"Sesuai dengan misi madrasah berkelas dunia, maka acara ini bisa menjadi sarana untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Harapannya agar siswa lebih percaya diri mempraktikkan kemampuan bahasa inggrisnya," kata Slamet Budiyono. (Rusdi-rma/bd)


Dibaca sebanyak 59 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kebijakan Zonasi Untungkan Para Jamaah Calon Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen - 27 Juni 2019

Bupati Sragen Berikan Bekal Obat-Obatan Gratis Untuk Calon Jamaah Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 26 Juni 2019

Kepala Madrasah Pati Ikuti Sosialisasi Penulisan Ijazah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 26 Juni 2019

Informasi Penting


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap III Subbag Inmas 01 - 14 Juni 2019


Undangan Penyerahan SK CPNS Tahap II Subbag Inmas 01 - 27 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial