Berita

Halaman Berita

PELAKSANAAN PAT (Penilaian Akhir Tahun) MAN 1 KOTA SEMARANG SECARA ONLINE TAHUN 2020

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 05 Juni 2020

* Siswa MAN 1 Kota Semarang mengerjakan soal PAT secara online

Semarang - Untuk mengisi kegiatan belajar mengajar yang harus diselesaikan pada tahun pelajaran ini, pemerintah mengambil kebijakan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh dengan media daring (dalam jaringan), baik menggunakan ponsel, PC, atau laptop. Kebijakan belajar dari rumah mulai diterapkan pada tanggal 9 Maret 2020 setelah menteri pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran nomor 2 tahun 2020 dan nomor 3 tahun 2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah. Hal itu perlu dilakukan guna meminimalisir kontak fisik secara massal untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Terkait dengan hal tersebut Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Semarang melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) pelajaran 2019/2020 ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 masih mewabah di sekitar kita. Protokol kesehatan dan social distancing menjadi prioritas utama pada pelaksanaan PAT tahun ini.

Kepala MAN 1 Kota Semarang Drs. H. Kasnawi, M.Ag mengatakan, pelaksanaan PAT di MAN 1 Kota Semarang diikuti oleh 898 siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 13 Juni 2020 secara online/ daring dengan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yg telah diterbitkan Kemenag RI dan menyesuaikan Kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Untuk memperlancar kegiatan belajar siswa dan pelaksanaan PAT tersebut semua siswa MAN 1 Kota Semarang memperoleh bantuan kartu perdana 6 Gb yg dibiayai dari dana BOS. Terdapat 6 (enam) siswa yang tidak memiliki Handphone atau tinggal di panti asuhan, sehingga panitia menyiapkan laboratorium komputer untuk mereka dengan tetap memperhatikan protokoler Covid- 19. Adapun siswa yang sakit sehingga terpaksa tidak bisa mengikuti PAT, mereka dapat mengikuti PAT susulan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Beliau berharap pelaksanaan PAT tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil yang memuaskan untuk seluruh anak didik MAN 1 Kota Semarang, dan semoga pandemi ini cepat hilang sehingga KBM dan kegiatan lainnya dapat berjalan dengan normal kembali imbuhnya. (H. Anwar Rifa’i, M.Pd-/bd)


Dibaca sebanyak 180 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru




Penutupan Pelatihan Publikasi Ilmiah di MTs Negeri 2 Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial