Berita

Halaman Berita

Pelatihan Menulis Artikel Populer di Media Massa Via Zoom

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 15 September 2020

* Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan (H. Kasiman Mahmud Desky) bersama Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Hj. Masruroh) didampingi Kasi PAIS (Asrofi) berada di ruang transit seusai mengikuti kegiatan pelatihan penulisan artikel populer untuk para Guru PAI

Kab. Pekalongan - Guru Pendidikan Agama Islam Dinas Pendidikan yang tergabung dalam Forum MGMP PAI dan Budi Pekerti (BP),  bekerjasama dengan Harian Jawa Pos Radar Semarang,  mengadakan pelatihan penulisan artikel populer untuk para Guru PAI  Kabupaten Pekalongan.(14/9/2020).

Pelatihan via Zoom yang berlangsung selama sehari penuh mulai pagi tadi  di  SMP Negeri 1 Kajen ini tidak hanya dihadiri oleh Guru PAI, tetapi juga Kepala Kankemenag Kab.Pekalongan H. Kasiman Mahmud Desky,  Plt. Kepala Dinas Pendidikan Hj. Masruroh dan Kasi PAIS Kemenag  Asrofi.

Pelatihan dibuka Plt Kakandidik Hj. Masruroh  . Adapun pemateri dibawakan oleh seorang pembicara yang merupakan jurnalis dan reporter senior Pemimpin Redaksi Harian Jawa Pos Radar Semarang yakni Arif Riyanto

Selain dibimbing untuk berlatih menulis artikel ilmiah dengan gaya bahasa populer, para peserta pelatihan juga mendapatkan materi mendasar seperti kode etik jurnalistik. Arif berpendapat bahwa kendala yang biasa dihadapi para ilmuwan dalam menulis suatu artikel ilmiah, adalah gaya bahasa yang terlalu kaku seperti pada karya ilmiah, "Pembaca lebih menyukai gaya bahasa yang nge-pop. Demikian pula dengan bahasa teknis, agar dapat menjangkau seluruh pembaca, hendaknya bahasa-bahasa yang terlalu teknis dihindarkan, atau dijelaskan terlebih dahulu kepada para pembaca."

Arif juga memberikan saran agar para peserta yang ingin karyanya dipublikasikan di media cetak selalu rajin menulis, "Bisa jadi saat kali pertama Anda mengirimkan artikel itu ke media massa, tulisan itu tidak dimuat. Butuh ketekunan dan kesabaran agar dapat menghasilkan suatu tulisan yang baik. Mungkin setelah sang editor dari suatu surat kabar telah akrab dengan nama Anda karena Anda sering mengirimkan tulisan ke hariannya, tulisan Anda lantas mendapatkan perhatian lebih lalu dimuat. Namun, memiliki jaringan dengan para jurnalis di berbagai surat kabar tentuny akan mempermudah pemuatan tulisan Anda, karena tulisan Anda tidak perlu melalui proses skrining yang biasa dilakukan kepada tulisan-tulisan lain yang masuk melalui alamat pos atau posel harian tersebut." ujarnya santai

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Kankemenag Kab Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky, menyampaikankan, "Kami berharap dengan adanya Kegiatan Pelatihan dapat menjadikan upaya bagi Guru Mata Pelajaran  Pendidikan Agama Islam khususnya dan Guru Mata Pelajaran Umum pada umumya bisa membuat artikel di media massa baik lokal maupun nasional guna mendorong nilai Angka Kredit Guru melalui paparan Publikasi Ilmiah melalui media massa.(Ant/bd).


Dibaca sebanyak 26 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial