Berita

Halaman Berita

Pembinaan Dinas Guru RA : Start Kita Adalah Finish Kita

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 19 September 2019

* Kegiatan pembinaan guru RA se Kota Surakarta di Resto Kemuning Karanganyar. (18/9)

Surakarta - Raudatul Athfal ( RA) merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (sebelum usia 6 tahun) dalam bentuk pendidikan formal, di bawah pengelolaan Kementerian Agama. RA setara dengan Taman Kanak-Kanak (TK), di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Di Indonesia, menempuh pendidikan TK/RA tidaklah wajib. Namun dalam perkembangannya, banyak sekolah dasar yang mewajibkan calon siswanya lulus TK/RA.

Berdasarkan kondisi saat ini, diperlukan adanya pembinaan secara rutin mengingat RA yang berada di kota Surakarta sendiri memiliki 34 RA yang tersebar di setiapkKecamatan dan tentu saja diharapkan dapat menjadi rujukan untuk mengawali memberikan Pendidikan Agama bagi setiap anak.

Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) yang diketuai oleh Sarkin, rutin mengadakan Pembinaan Dinas yang dihadiri oleh seluruh Guru RA se-Kota Surakarta, seperti agenda yang diadakan pada Rabu (18/9) bertempat di Resto Kemuning Karanganyar.

Pembinaan yang disampaikan oleh Kepala KanKemenag Kota Surakarta, Musta’in Ahmad memotivasi seluruh Guru RA dan peserta yang hadir.

“RA itu masa kanak-kanak secara tidak langsung berhubungan dengan pengalaman saya menjadi petugas haji di Mekkah,” ujar Musta’in.

Musta’in menjelaskan bahwa seperti dalam beberapa lomba, bahwa garis START menjadi garis FINISH pula, juga dalam konsep Jawa ada ungkapan sangkan para, bahkan Solo pun memiliki slogan bahwa Solo Masa Depan adalah Solo Tempo Dulu.

“ Kemarin saya menjadi petugas haji Kloter 96, dimana hampir semua Jamaahnya berusia lanjut atau manula. Mereka berkelakuan seperti saat masih anak-anak mirip anak-anak RA. Dan disitulah, saya pahami bahwa ternyata kita semua akan kembali kepada titik semula. Maka berbahagialah guru RA, karena dari anda bermula dan pada anda kembali bermuara” lanjut Musta’in.

Musta’in menambahkan bahwa dengan pemahaman seperti itu, diharapkan guru RA dapat memberikan pendidikan moral di setiap pengajaran. Pendasaran moralitas dinilai sangat  penting,tidak hanya perlu hafal ayat dan hadis namun bagaimana keduanya menjadi dasar dalam bertindak dan berfikir.

Dalam acara pembinaan tersebut, berkenaan pula dengan perpisahan salah satu Pengawas RA, Jumadi, S.Ag yang akan memasuki masa pensiun bulan ini.

“Saya ucapkan selamat kepada beliau, karena setelah pensiun Beliau akan memantapkan diri menjadi tokoh agama dan tokoh mMasyarakat. Dan bukan hanya kepala RA, bahkan kepala Kankemenag pun akan sowan pada Beliau, selaku tokoh agama,” pungkas Musta’in. (neni_an)


Dibaca sebanyak 21 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial