Berita

Halaman Berita

Pembinaan Keluarga Lintas Provinsi Kuatkan Komitmen Bangun Keluaga Katolik Bahagia Sejahtera

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 14 Agustus 2019

* Direktur Urusan Agama Katolik Bimas Katolik Kemenag RI didampingi Ka. Kan. Kemenag Kediri dan Pembinas Katolik Jawa Timur membuka Kegiatan Pembinaan Keluarga Katolik Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur di Kediri

Tegal (Slawi) – Delapan orang personil Bimas Katolik Kantor Kementeritan Agama Provinsi Jawa Tengah diutus untuk mengikuti Pembinaan Keluarga Bahagia Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, bertempat di Hotel Grand Surya Kediri, (13-16/07). Kedelapan orang tersebut adalah 1 orang Penyelenggara Katolik Kab. Banyumas, 1 orang Penyuluh Agama Katolik dan satu orang JFU Kemenag Kota Semarang, 1 orang Penyuluh Agama Katolik Kemenag Kab. Semarang, 2 orang Penyuluh Agama Katolik Kemenag  Kota Salatiga, 1 orang Penyuluh Agama Katolik Kemenag Kota Magelang dan 1 orang Penyuluh Agama Katolik Kemenag Kab. Tegal.

            Acara yang dibuka secara resmi oleh Direktur Urusan Agama Katolik, mewakili Direktur Jenderal Bimas Katolik Kemenag RI ini, bertujuan untuk membina para pasangan suami istri (pasutri) Katolik yang terlibat dalam pastoral kerasulan keluarga Katolik di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Peserta kegiatan ini berjumlah 76 orang yang berasal dari dua provinsi.

            “Tema kegiatan ini adalah Membangun Keluarga Kristiani yang Harmonis dan Bahagia Berdasarkan Nilai-nilai Kristiani. Kita ingin mengajak keluarga-keluarga kristiani untuk mendalami nilai-nilai kristiani yang menjadi dasar dan arah penghayatan hidup berkeluarga. Harapannya, dengan menyegarkan nilai-nilai perkawinan Katolik, keluarga-keluarga Katolik semakin mampu dan kuat dalam menapaki bahtera rumah tangga mereka, syukur bisa menjadi contoh di tengah masyarakat yang plural”, kata Fransiskus Endang, Direktur Urusan Agama Katolik Bimas Katolik Kemenag RI.

            Fransiskus Endang menambahkan bahwa untuk menyegarkan kembali dasar-dasar hidup berkeluarga Katolik itu, pihaknya mendatangkan narasumber-narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu bidang Hukum Perkawinan, Moral Perkawinan Katolik, Penataan Ekonomi Keluarga Katolik dan Tantangan Keluarga Katolik di Jaman Millenial.

            Mari kita gunakan kesempatan pembinaan ini untuk sungguh-sungguh belajar kembali tentang nilai-nilai perkawinan Katolik. Mumpung ada narasumber yang ahli, mari kita belajar secara langsung pada ahlinya. Inilah salah satu cara negara membantu warga Katolik, yaitu dengan memfasilitasi berlangsungnya sebuah kegiatan pembinaan untuk kepentingan keluarga-keluarga Katolik. Maka, gunakanlah kesempatan ini baik-baik dan bagikanlah hasilnya kepada keluarga-keluarga Katolik yang lain”, ajak Frasiskus Endang.

            Salah satu narasumber, Pastor Sabastianus Sudiono dari Keuskupan Surabaya mengingatkan kembali pentingnya Hakikat dan Tujuan Perkawinan Katolik. Menurutnya, Perkawinan Katolik itu satu dan untuk selamanya. “Kita tidak mengenal yang namanya monogami, karena satu pasangan belaku untuk selama hidup. Hanya maut yang bisa memisahkan pasangan suami istri Katolik. Semua pasangan Katolik diajak untuk mewujudkan tujuan perkawinan Katolik, yaitu kesejahteraan suami istri (Bonum Coniugum) dan kesejahteraan anak (Bonum Prolis)”, terang Pastor Sabas Sudiono. (AS/qq)


Dibaca sebanyak 61 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial