Berita

Halaman Berita

Pemulasaraan Jenazah ODHA Harus Sesuai Syariah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 11 Juli 2019

* Kegiatan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) digelar Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Purbalingga di Pendopo Kecamatan Kutasari.

Purbalingga – Salah satu kewajiban umat Islam terhadap orang yang meninggal dunia adalah memulasara jenazahnya. Memulasara jenazah hukumnya fardlu kifayah. Artinya, jika kewajiban tersebut telah dilakukan oleh sebagian orang, maka gugurlah kewajiban seluruh umat muslim lainnya. Sebaliknya, jika tidak ada yang melakukannya maka berdosalah seluruh umat muslim yang ada. Hal tersebut disampaikan Penyuluh Agama Islam, Syarif Hidayat pada Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Pendopo Kecamatan Kutasari, Selasa (09/07) lalu.

Syarif menjelaskan, kegiatan yang diikuti 140 petugas pemulasara jenazah wilayah kecamatan Bojongsari dan Kutasari tersebut diselenggarakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) kabupaten Purbalingga.

Ia menambahkan, memulasara jenazah meskipun dengan perlakuan khusus harus tetap sesuai syariat agama. Dalam proses memandikan jenazah ODHA, petugas pemulasara harus memahami tata caranya  agar penularan virus berbahaya tersebut dapat terkendali.

“Tata cara memandikan jenazah sesuai syariat adalah mengalirkan air ke seluruh tubuh si mayat. Lebih utama si mayat diletakkan tempat yang lebih tinggi. Ditanggalkan pakaiannya dan diletakkan di atasnya sesuatu yang menutupi auratnya. Lebih utama yang memandikan adalah orang yang jujur, shalih dan dapat dipercaya,” jelasnya.

Minimnya Pemahaman

Sekretaris KPAD Purbalingga, Heny Ruslanto mengatakan pemahaman masyarakat terhadap HIV/AIDS masih kurang sehingga banyak menimbulkan diskriminasi dan stigma terhadap pengidapnya. Termasuk dalam hal pemulasaraan jenazah karena diperlukan perlakuan khusus agar tidak terjadi penyebaran virus HIV/AIDS. Sosialisasi bertujuan agar masyarakat dan petugas pemulasara jenazah mengetahui cara, penyebab HIV dan tata cara memulasara jenazah ODHA.

“Dengan gencarnya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat semakin memahami cara melakukan pencegahan dan penanganan kasus HIV secara mandiri termasuk dalam pemulasaraan jenazah,” jelasnya. (sri-sar/bd)


Dibaca sebanyak 62 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial