Berita

Halaman Berita

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

* Penyuluhan Bahaya Narkoba di Aula PPAI Kemangkon diikuti para Kepala Madrasah dan Guru-guru Penjas/Orkes di MI se-kecamatan Kemangkon.

Purbalingga – Semakin meningkatnya jumlah orang yang terpapar Narkoba dan HIV AIDS setiap tahunnya  harus menjadi keprihatinan kita semua. Oleh karenanya pencegahan dan penanggulangan Narkoba dan HIV AIDS (NHA) sudah semestinya menjadi tugas seluruh elemen masyarakat termasuk para pendidik. Hal tersebut dikemukakan Penyuluh Agama Islam Fungsional , Yuyu Yuniawati dalam komunikasinya melalui aplikasi WhatsApp, Jumat (11/10).

Yuyu menjelaskan, bersama dengan Tim Penyuluh Bidang NHA ia telah melakukan kegiatan Sosialisasi Penangggulangan Narkoba  di di Aula PPAI Kecamatan Kemangkon, akhir September 2019 lalu.

“Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan inisiatif Pengurus Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI) Kecamatan Kemangkon. Kegiatan dilaksanakan sebagai wujud kepedulian mereka terhadap para peserta didik mereka yang merupakan aset sekaligus bagian dari anak-anak bangsa,” jelasnya.

Ia menambahkan, para siswa SD/MI juga sangat mungkin terpapar narkoba melalui jajanan yang di dalamnya terkandung zat-zat yang menimbulkan kecanduan.

“Pernah heboh ada permen,  kue dan beberapa makanan yang disukai anak ternyata mengandung narkoba. Hal ini menjadi sebuah keniscayaan bagi pihak sekolah/madrasah untuk selain mengedukasi siswa agar selektif dalam memilih jajanan juga mengontrol dan mengedukasi para penjual di area sekitar supaya menjual makanan yang halalan thoyyiban,” jelasnya.

Menurutnya para pendidik memiliki peranan yang sangat besar terhadap perkembangan peserta didiknya, termasuk keselamatan hidup mereka di masa mendatang. Ia pun mengapresiasi inisiatif para guru yang memiliki kepedulian yang tinggi tersebut.

Dalam acara dengan tajuk "Hidup Sehat Tanpa Narkoba"  Yuyu hadir bersama Penyuluh Agama Islam Bidang Narkoba ,  Jumanto (Penyuluh Kecamatan Pengadegan), Rina Sa’adah (Penyuluh Kecamatan Mrebet)  dan Ketua KDS (Kelompok Dukungan Sebaya), aktivis pemerhati penderita HIV dan motivator, Elis Suryani.

Antusias

Antusiasme peserta yang terdiri dari para Kepala Madrasah Ibtidaiyah dan Guru Penjaskes MI se- Kecamatan Kemangkon nampak terlihat pada khidmatnya acara yang dikemas cukup rapih. Tidak kalah menarik kehadiran sosok ibu Elis Suryani, aktivis pemerhati penderita HIV, yang bercerita panjang lebar tentang kisah hidupnya yang terkena virus HIV dan motivasinya kepada para peserta  agar lebih aware dan waspada terhadap bahaya Narkoba terutama di front line pendidikan dasar yang berbasis agama. (metros-sar/bd)


Dibaca sebanyak 72 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Kab. Pemalang Adakan Seleksi Calon Peserta Asesmen Promosi Kamad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Tiga Prinsip Kerja Plt. Kepala Kankemenag Kab. Pemalang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 15 November 2019

Wamenag Hadiri Tahlil & Doa 100 Hari Wafatnya Mbah Moen Subbag Inmas 08 - 15 November 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial