Berita

Halaman Berita

Pendaftaran Penerima Tunjangan Profesi Guru Tahun ini di Permudah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 10 September 2019

* Sosialisasi pendaftaran penerima TPG PAI di SD Mojo Surakarta. (9/9)

Surakarta – Kementerian Agama Kota Surakarta melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) telah melaksanakan sosialisasi persyaratan pretest untuk sertifikasi guru PAI. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Senin (9/9) di SD Negeri Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta.

Adanya sosialisasi ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru honorer yang memiliki TMT agar dapat memperoleh sertifikasi sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan pada periode sebelumnya telah terdaftar sebanyak 244 guru yang akan menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG).

“Pada periode Juli – Agustus 2019 kemarin, sebanyak 244 guru telah terdaftar dalam tunjangan sertifikasi guru. Maka dari itu, saya menganjurkan kepada semua anggota KKG yang punya kesempatan, diusahakan untuk  mendaftar.” ujar Encep Muhammad Ilham, Pengolah Bahan Perencanaan Ketenagaan PAKIS.

Encep mengharapkan tahun ini akan ada banyak guru honorer yang mendaftarkan diri sebagai penerima TPG. Harapan ini didasarkan pada situasi saat ini, yang mana pencairan TPG tahun ini lebih dipermudah dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini, Kementerian Agama sudah berusaha maksimal untuk mencairkan tunjangan guru WB. Pendaftaran Sertifikasi Guru PAI juga telah dibuka melalui aplikasi SIAGA. Untuk persyaratannya, dulu memang sangat dibatasi dan sulit, namun sekarang sudah diperluas dan dipermudah.” ungkap Encep.

Dalam sosialisasi tersebut, Encep juga menginformasikan bahwa pencairan TPG tidak memberlakukan sistem rapel.

“Bagi guru PAI yang tahun kemarin sudah pernah mengikuti TPG dengan kami, maka saya harapkan untuk mendaftar kembali. Ini karena SK yang mengatur TPG baru saja keluar di tahun ini. Maka dari itu, anjuran ini kami tujukan agar data guru yang mendaftar tahun kemarin tidak terhapus.” jelas Encep.

Di sela-sela sosialisasi, Ahmad Sudibyo, salah seorang peserta sosialisasi, menanyakan terkait legalitas guru PAI yang wilayah kerjanya di swasta.

“Pak, untuk seorang guru yang wilayah kerjanya di swasta dan telah memiliki SK dari yayasan itu bagaimana ya terkait legalitasnya?” tanya Sudibyo.

Encep selaku pemateri pun menyampaikan jawabannya bahwa untuk guru yang wilayah kerjanya di swasta namun telah memiliki SK dari yayasan tempatnya bekerja, maka tetap dapat mendaftar dan proses legalisir SK-nya  tidak perlu sampai ke dinas.

Dari hal tersebut, tanggapan positif pun disampaikan Ahmad Sudibyo. Ia menyampaikan bahwa adanya sosialisasi ini sangat berguna bagi para peserta, khususnya para guru honorer yang belum tersertifikasi.

“Kegiatan ini alhamdulillah sangat bermanfaat sekali untuk kita semua, terutama untuk guru WB yang belum tersertifikasi.” tutur Sudibyo.

Akhirnya kegiatan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta khususnya para guru honorer yang telah memiliki TMT, dan diharapkan pula bahwa pendaftaran tahun ini dapat diikuti oleh banyak peminat. (ppl-an/bd)


Dibaca sebanyak 54 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial