Berita

Halaman Berita

Pengangkatan Pramubakti, Solusi Optimalkan Pelayanan KUA

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 20 Januari 2019

* Kepala KUA Kecamatan Kaliori, Rembang, M. Ali Akhyar tengah memeriksa catin. Dengan rencana pengangkatan pramubakti, diharapkan pelayanan KUA akan semakin optimal.

Rembang – Keterbatasan ASN menjadi salah satu permasalahan di KUA. Banyaknya fungsi KUA dalam melaksanakan pelayanan agama dan keagamaan kepada masyarakat di tingkat Kecamatan, mengharuskan KUA harus menambah SDM lagi.

Karena itu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang berencana mengangkat pramubakti  pada tahun ini. Rencana ini telah disepakati dalam raker beberapa waktu sebelumnya, dan ditandaskan lagi dalam rakor KUA yang digelar pada Kamis (17/1/2019) di aula Kemenag Rembang.

Pengangkatan ini akan diselenggarakan secara profesional. Diutamakan, masyarakat yang menguasai IT. Kasi Bimas Islam, Moh. Muhson mengatakan, kriteria ini berdasarkan tuntutan kerja yang hampir semuanya berbasis IT. “Sekarang semuanya serba aplikasi online. Karena itu, kami akan mengangkat pramubakti yang memahami IT,” ujarnya.

Dengan adanya pramubakti ini, lanjut Muhson, akan mempermudah KUA dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Di sebagian KUA, SDMnya memang sangat terbatas. “Bahkan ada yang hanya mempunyai satu staf saja,” kata Muhson.

Kendati demikian, Muhson berharap, KUA akan tetap melayani masyarakat dengan maksimal. Menurutnya, KUA adalah cerminan Kementerian Agama di tingkat Kecamatan.

Sementara dalam sosialisasi kebijakan Kemenag, KUA telah memberdayakan penyuluh Agama Islam non PNS. Dengan adanya kenaikan honor tahun ini, yaitu dari Rp 500 ribu menjadi Rp 1 juta/bulan, PAH diharapkan mampu menjalankan fungsinya secara optimal, utamanya untuk memberikan pencerahan dan memberikan edukasi kepada masyarakat. -- iq/bd


Dibaca sebanyak 128 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


MAN 1 Kota Semarang Raih 5 Medali Yogyakarta Championship V Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 Maret 2019

Meski Kali Pertama, Siswa Tak Grogi ikuti UAMBN BK Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 20 Maret 2019

NGOPI, Sarana Berbagi Informasi dan Solusi Masalah Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 Maret 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial