Berita

Halaman Berita

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PKKM

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 30 Juli 2020

* Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, H. Sukarno, dalam sambutannya pada Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTs Negeri 2 Tegal Tahun 2020.

Tegal (Slawi)-Laporan kinerja kepala madrasah tersaji secara gamblang pada gelaran Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTs Negeri 2 Tegal Tahun 2020, Rabu (29/07). Kegiatan yang digelar di ruang pertemuan ini menyasar kinerja Muh. Muntoyo selaku kepala MTs Negeri 2 tegal selama 4 tahun terakhir.

“Berhubung saya baru 2,5 tahun terakhir di MTs Negeri 2 Tegal, maka sisa laporan kinerjanya saya lengkapi dari MTs Negeri Model Brebes,” Kata Muh. Muntoyo dalam sambutan singkatnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal, Sukarno, Tim Penilai Kinerja Kepala Madrasah, Taufana Anggaini selaku Kasi Tendik Bidang Penmad Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang didampingi 2 orang stafnya. Selanjutnya Kasi Penmad Kemenag Kab. Tegal, Banu Hamdan yang ditemani 2 orang pengawas madrasah, Ngadiman dan Abdul Somad. Sementara dari pihak guru dan tenaga kependidikan diwakili oleh Ro’yati, A. Sholahuddin, Hanifah, dan Tri Wahyuningrum. Tak ketinggalan dari pihak komite diwakili oleh Nadir Sayid dan Imam Sumantri.

Dalam kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ini, Sukarno menjelaskan bahwa regulasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ini mengacu pada Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah, dan Surat keputusan Dirjen Pendis Kementerian Agama Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah.

“Untuk tahun ini, kebetulan di Kabupaten Tegal yang dinilai 4 tahunan pada PKKM kali ini adalah kepala MTsN 1 Tegal, H. Mukhlasin, kemudian Muh. Muntoyo dari MTsN 2 Tegal, dan yang terakhir H. Nur Hamid, dari MTsN 5 Tegal, jadi ada 3 orang,” ungkap Sukarno dalam sambutannya.

Sukarno juga menjelaskan bahwa Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ini merupakan proses bagaimana pengumpulan, pengolahan, analisis, interpretasi data, tentang kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah.

“Kalau kita lihat di dalam juknisnya itu kan kita laksanakan penilaian ini secara objektif, transparan, akuntabel, hasilnya valid, sehingga dapat digunakan untuk dasar pengembangan keprofesian berkelanjutan kepala madrasah,” tuturnya.

Sementara Itu Taufana Anggaini dalam sambutan singkatnya menjelaskan 5 komponen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah yakin Usaha pengembangan madrasah, Pelaksanaan tugas managerial, Pengembangan kewirausahaan, Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, dan Hasil kinerja kepala madrasah.

“Tadi sudah disampaikan oleh bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal secara Panjang lebar tentang PKKM. Pada saat pembukaan sebelumnya sudah kami sampaikan bahwa untuk penilaian-penilaian yang akan kita nilai nanti, antara lain ada 5 komponen penilaian. Kemudian untuk cara penilaian juga telah kami sampaikan,” ucapnya.

Agenda selanjutnya adalah presentasi pemaparan program dan hasil kinerja dari kepala madrasah, pelaksanaan kegiatan penilaian, dan penyampaian hasil analisis dari proses penilaian, serta kegiatan penutupan yang ditandai dengan momen foto bersama. (akb/AS/qq)


Dibaca sebanyak 189 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi Subbag Inmas 04 - 24 September 2020

Bupati Purbalingga Serahkan Hak Pakai Gedung eks Pengadilan Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 24 September 2020

Maksimalkan Keikutsertaan KSM Online Nasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 24 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial