Berita

Halaman Berita

Pentingnya Mengenal Sejarah , MUI Kudus Bedah Buku Jejak Ulama Nusantara

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus - 14 Mei 2019

* Pentingnya Mengenal Sejarah , MUI Kudus Bedah Buku Jejak Ulama Nusantara

Kudus - ( 10/5)  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kudus  bekerjasama  dengan Mubarok Food menggelar Syiar  Ramadhan  Bedah Buku “ Jejak Ulama Nusantara “  dan buka puasa bersama  di Aula Mubarok food, Jalan Sunan Muria Kudus.

Hadir dalam kesempatan tersebut , Bupati Kudus HM Tamzil,Pengurus MUI Kudus, Ahmad Hamdani , Kepala Kemenag Kab. Kudus Noor Badi , Rektor IAIN Mundakir, Rektor UMK Suparnyo , Jajaran Forkopinda , Kapolres Kudus  dan segenap  tamu undangan .

Penulis Buku “ Jejak Ulama Nusantara “ Mifrohul  Hana penyuluh agama islam non PNS Kab kudus menyampaikan bahwa  buku tersebut mengulas tentang jejak ulama  di 123 desa  di 9 Kecamatan  yang ada di Kabupaten Kudus  dan membahas 658 tokoh dan bangunan bersejarah. Sedangkan tujuanya adalah untuk menginventarisir  nama cikal bakal (wali atau ulama sesepuh) di sejumlah desa di Kudus lengkap dengan sejarah  dan kejadian mistis di dalamnya .“Lahirnya buku ini merupakan  keprihatinanya di masyarakat karena banyak yang tidak  mengetahui  sejarah ulama yang ada di Kabupaten Kudus” Ungkapnya.

Beliau menyimpulkan beberapa desa yang yang menjadi pusat dakwah yaitu Kecamatan Kota di Langgardalem , Kecamatan Jati di Loram, Kecamatan , Kecamatan Bae di Ngembal , Kecamatan Jekulo di Kauman /Bareng, Kecamatan Dawe di Colo, Kecamatan Gebog di Padurenan, Kecamatan Undaan di Undaan Lor, Kecamatan Mejobo di Gulang , Kecamatan Kaliwungu di desa Kaliwungu.

Dalam sambutanya Bupati Kudus HM Tamzil mengapresiasi penulis karena sudah menyelesaikan bukunya . Hadirnya buku ini beliau  berbangga hati karena di Kudus banyak melahirkan penulis, ini menunjukan kemampuan suatu daerah dan Kudus merupakan salah satu diantaranya . Dan berharap ke depan buku ini dapat menjadi reverensi yang sangat baik sekali dan dapat menambah wawasan.

Sementara Ketua MUI Kabupaten Kudus  Ahmad Hamdani mengucapkan terima kasih kepada penulis atas hadirnya napak tilas ulama di seluruh kecamatan di Kabupaten Kudus dan bersyukur karena baru kali ini ada buku yang bisa memberikan hasanah pengetahuan tentang sejarah  masing masing desa di Kabupaten Kudus “ tandasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus Noor Badi setelah  usai menghadiri kegiatan tersebut di temui Tim Humas di ruang kerjanya menyampaikan apresiasinya  dan  berharap dengan hadirnya buku jejak ulama nusantara ini mampu memajukan pendidikan terutama pendidikan agama yang nantinya akan melahirkan santri santri yang kelak akan menjadikan ulama  di Kabupaten Kudus. (St.Zul/wwk/bd) 


Dibaca sebanyak 49 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


FKUB dan MUI Ajak Masyarakat Rukun dan Damai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora - 24 Mei 2019

16 ASN Kemenag Kab. Tegal Terima SK Kenaikan Pangkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 24 Mei 2019

UPZ Mulai Distribusikan Bantuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 24 Mei 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial