Berita

Halaman Berita

Penulisan Ijazah Harus Fokus dan Cermat

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 25 Juni 2019

* Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono memberikan penjelasan dalam Sosialisasi Penulisan Ijazah yang digelar dalam 3 hari di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga.

Purbalingga – Menulis Ijazah sebagai sebuah dokumen resmi yang bernilai sangat penting membutuhkan kecermatan dan kesabaran. Sehingga saat melaksanakan tugasnya, penulis ijazah harus bisa fokus dengan menghindarkan berbagai kendala yang dihadapinya. Hal tersebut ditekankan Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono kepada para penulis ijazah dan kepala madrasah di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Jumat (21/6/2019). Kegiatan Sosialisasi Penulisan Ijazah yang digelar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga tersebut dihadiri 182 orang peserta dari 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan 179 Madrasah Ibtidaiyah swasta.

Dalam keterangannya Sudiono menjelaskan, kegiatan serupa juga digelar bagi Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan RA/BA/TA yang ada di kabupaten Purbalingga.

“Untuk tingkat MA dan MTs kegiatan sosialisasi digelar Kamis (13/6) lalu. Sedangkan untuk RA/BA/TA digelar Sabtu (22/6) di tempat yang sama diikuti 247 peserta,” jelasnya.

Ia menambahkan, materi yang diberikan adalah penjelasan Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan ijazah Thun 2019.

“Ijazah merupakan dokumen penting sehingga penulisannya harus dilakukan dengan cermat, teliti dan benar sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tegasnya.

Sudiono menambahkan, semua madrasah yang telah memiliki ijin operasional berhak mengeluarkan ijazah. Penyerahan ijazah harus disertai penandatanganan bukti administrasi penerimaan ijazah. Selain itu madrasah juga harus menyimpan arsip dokumen ijazah dalam bentuk software maupun hardware.

"Ijazah yang sudah ditandatangani, distempel dan cap 3 jari serta ditempel foto siswa selanjutnya difotokopi sebagai arsip hardware. Juga difoto scan serta disimpan dalam bentuk Pdf file sebagai arsip software. Selanjutnya arsip hardware dihimpun jadi 1 bendel,  dijilid dan disimpan dalam almari atau brankas penyimpanan yang aman, bebas air, rayap, jamur, dll. serta pencurian," tegasnya.

Sedangkan terkait penulisan nama ia meminta para penulis ijazah untuk tidak menyingkat nama siswa.

“Upayakan nama untuk tidak disingkat. Jika terpaksa harus disingkat karena keterbatasan atau dikarenakan panjangnya nama siswa, penuhi normanya. Yaitu jangan menyingkat nama yang terletak pada bagian pertama dan jangan pula yang terletak di bagian akhir. Serta jangan menyingkat bagian dari nama yang biasa menjadi panggilan anak yang bersangkutan,” jelasnya. (sar/bd)


Dibaca sebanyak 71 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial