Berita

Halaman Berita

Penyemprotan Desinfektan Di TPQ Gajahmungkur

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 Mei 2020

* Bakti sosial penyemprotan desinfektan kerjasama antara Badko TPQ Gajahmungkur dengan LAZIS Al Ihsan Jawa Tengah dilaksanakan Kamis (23/4) lalu di beberapa gedung TPQ Gajahmungkur.

Semarang – Datangnya bulan Ramadan 1441 H pada masa pandemi saat ini diharapkan dapat mempercepat hilangnya Corona Virus Disease-19 (covid-19) dari muka bumi. Bulan Ramadan disebut juga bulan yang penuh rahmat, pahala dan ampunan, di dalamnya Allah SWT telah menjanjikan berbagai limpahan pahala dan kebajikan. Beberapa aktivitas dan do’a dipanjatkan kepada Allah SWT agar wabah ini segera berakhir. Salah satu aktivitas dalam upaya mencegah dan menanggulangi pandemi dilakukan oleh jajaran pengurus Badko TPQ Gajahmungkur Kota Semarang.

Ketua Badko Agus Haryadi Senin (18/5) menjelaskan beberapa aktivitas sosial dilaksanakan antara lain pemberian paket sembako untuk ustadz/ustadzah TPQ dan penyemprotan desinfektan di gedung-gedung TPQ wilayah Kecamatan Gajahmungkur.

“Sebagai umat muslim berdo’a agar wabah ini segera berakhir adalah mutlak dan wajib dilakukan. Disamping berdo’a kita melaksanakan upaya pencegahan berupa penyemprotan desinfektan dan juga sosialisasi hidup bersih dan sehat di kalangan santri TPQ,” papar Agus Haryadi.

Bakti sosial penyemprotan desinfektan merupakan kerjasama antara Badko TPQ Gajahmungkur dengan LAZIS Al Ihsan Jawa Tengah dilaksanakan Kamis (23/4). Sterilisasi gedung dengan menyemprot beberapa bangunan TPQ yang bangunannya terpisah dengan masjid atau musholla. Antara lain di TPQ Tarbiyatul Khoirot Sampangan, TPQ Baitul Makmur Bendan Duwur, TPQ Al Mukmin Bendan Ngisor, TPQ Baiturrahmah Stonen Gajahmungkur, TPQ Nurul Hidayah Petompon, TPQ Al Hidayah Petompon dan TPQ Miftahul Jannah.

“Dari jumlah 40 TPQ di Kecamatan Gajahmungkur, mayoritas kegiatan dan bangunan TPQ bergabung dengan masjid/musholla sehingga penyemprotan sebagian sudah dilakukan oleh takmir masjid/musholla. Kami dari Badko TPQ melakukan penyemprotan khusus untuk bangunan TPQ yang terpisah dengan masjid/musholla,” ujar Ketua Badko.  

Dengan kegiatan tersebut ia berharap gedung TPQ sebagai sarana pendidikan keagamaan Islam yang digunakan para santri dapat steril, bersih dan sehat sehingga jika nantinya kegiatan sudah aktif berjalan normal kembali, semua pihak baik ustadz/ustadzah dan para santri dapat belajar dengan tenang dan nyaman serta sehat.

Sementara ketika diminta keterangan tentang data Badko TPQ Gajahmungkur, Agus Haryadi menerangkan jumlah TPQ di wilayahnya saat ini terdiri dari 40 TPQ, 220 ustadz dan 1750 santri.

“Semua TPQ sudah memiliki ijin operasional dari Kementerian Agama Kota Semarang sebagai instansi yang membina dan menaungi lembaga pendidikan keagamaan Islam,” pungkasnya.(ch/bd)


Dibaca sebanyak 46 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial