Berita

Halaman Berita

Penyuluh Adalah Ujung Tombak Kementerian Agama Dalam Melaksanakan Penerangan Agama Islam Di Tengah Masyarakat

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang - 20 Juni 2019

* Taufik Rahman Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang Sedang Memberikan Pembinaan Pada Para Penyuluh Agama Islam

Batang – Untuk menambah wawasan Penyuluh Agama Islam Fungasional dan Penyuluh Agama Islam Non PNS, maka Kementerian Agama Kabupaten Batang menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan peningkatan kompetesi Penyuluh Agama Islam pada Kamis (20/06) di rumah makan Bumbu Kampung Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.  Hadir dalam kegiatan itu Kepala Kantor Kemenag, Kepala Seksi Bimas Islam dan seluruh Penyuluh Agama Islam baik fungsional maupun Non PNS.

Dalam Pembinaannya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang Taufik Rahman mengatakan bahwa Kementerian Agama yang merupakan institusi vertikal memiliki tugas memberikan pembinaan terhadap Penyuluh Agama Islam yang ada.

“Penyuluh Agama Islam yang langsung terjun di tengah masyarakat memiliki tugas yang berat, maka seorang penyuluh agama dituntut memiliki kemampuan keilmuan dan keahlian dalam bertutur kata, menjadi uswatun khasanah bagi masyarakat”, katanya.

Selain itu dia juga menyerukan bahwa Penyuluh Agama Islam memiliki peranan penting dalam kehidupan beragama, masyarakat dan bernegara.

“Penyuluh Agama Islam harus dapat menjadi pembimbing masyarakat, sebagai panutan dan sebagai penyambung tugas pemerintah, maka keberadaanya sangat diperlukan, ini berarti bahwa mereka merupakan ujung tombak  dari Kementerian Agama  dalam melaksanakan penerangan agama Islam di tengah pesatnya dinamika perkembangan masyarakat Indonesia”, serunya.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Darwanto dalam pembinaanya menyampaikan tentang pengertian, tujuan maupun prinsip-prinsip yang harus dipahami dan dipedomani oleh Penyuluh Agama Islam.

“Penyuluh Agama Islam Fungsional adalah PNS yang diberi tugas dan tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melaksanakan bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan kepada masyarakat melalui bahasa agama, sedangkan Penyuluh Agama Islam Non PNS merupakan penyuluh honorer yang diangkat dengan SK Kepala Kantor dan diberi tugas tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melakukan kegiatan bimbingan penyuluhan dibidang keagamaan Islam dan pembangunan melalui bahasa Agama”, katanya.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan dan sasaran kerjanya maka penyuluh harus mengetahui prinsip-prinsip dasar kepenyuluhan dan memahami tujuan yang harus dicapainya itu.

“Prinsip-Prinsip dasar penyuluh Agama Islam diantaranya adalah partisipasi, untuk semua, perbedaan individual, pribadi seutuhnya,inter disiplin dan berpusat pada sasaran. Sedangkan sasaran penyuluh agama Islam adalah masyarakat muslim Indonesia, baik di pedesaan maupun perkotaan dengan membentuk kelompok-kelompok binaan yaitu sekelompok masyarakat yang dikelompokkan untuk menjadi sasaran bimbingan penyuluh agama Islam secara kontinyu dan terencana”, tambahnya. (Zy/qq)


Dibaca sebanyak 49 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial