Berita

Halaman Berita

Penyuluh Harus Dekat Dengan Masyarakat

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 13 Februari 2020

* Saerozi memberikan pengarahan dan pembinaan pada rakor pokjaluh

Kendal – Kelompok Kerja Penyuluh di lingkungan Kementerian Agama kab Kendal gelar pertemuan rutin sekaligus pembinaan oleh kepala KanKemenag, Rabu (12/2). Diawali dengan sambutan ketua Pokjaluh yang menyampaikan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan tahun ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan bertukar pikiran antar penyuluh yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan kinerja penyuluh.

Tugas penyuluh menjadi kewajiban bagi umat Islam secara keseluruhan yaitu kewajiban untuk menyampaikan walaupun satu ayat. Maka dalam menjalankan tugasnya mereka harus memahami karakter, situasai sesuai dengan kondisi masing-masing kecamatan dimana lokasi tempat penyuluh berada. Supaya kegiatan yang dilaksanakan terprogram dan terarah sebagaimana mestinya.

Pada sesi pembinaan kepala Kementerian Agama kab Kendal, Saerozi menyampaikan bahwa kedekatan penyuluh dengan masyarakat perlu ditingkatkan hal ini guna kemudahan dalam menyampaikan informasi.

“Penyuluh bukan hanya tukang ceramah, sekarang ini kita menghadapi masyarakat modern ya harus menyesuaikan. Penyuluh harus berupaya meningkatkan kompetensi dan menguasai Ilmu dan Teknologi,” tegas Saerozi.

Profesi penyuluh atau Pokjaluh di Kementrian Agama dapat dikatakan sebagai jabatan yang dekat dengan masyarakat. Penyuluh juga bertangung jawab dalam pembangunan akhlaq umat, sehingga terbentuklah kedamaian di tengah masyarakat. Diharapkan penyuluh lebih aktif membimbing umat khususnya menyasar anak dan remaja. Seperti diketahui anak dan remaja mudah terpengaruh tren jaman sekarang yang belum tentu sesuai dengan ajaran agama Islam.

Sementara itu Pokjaluh kini tengah mempersiapkan beberapa program kerja, salah satunya yakni program untuk mengisi bulan Ramadhan mendatang. Tak terkecuali program rutin seperti bersih bersih masjid juga masih dilaksanakan. (Ja/bel/rf)


Dibaca sebanyak 20 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Ihsan Muhadi Ingin Pengelola RA/BA Mengamalkan Lima Budaya Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 28 Februari 2020

Penyerahan SK Mutasi ASN di lingkungan Kemenag Kab. Brebes Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial