Berita

Halaman Berita

Penyuluh Tidak Cukup Hanya Dakwah Dengan Lesan, Tapi Juga Dengan Karya Tulis

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 25 Juni 2019

* Para pemenang lomba Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan(PPAIT) Tingkat Provinsi Jawa Tengah(Jateng) 2019.

Surakarta - Tampilnya Umi Ustanti, wakil dari Wonogiri, pada Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan (PPAIT) Tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2019, menjadi penanda berakhirnya rangkaian kegiatan seleksi penyuluh teladan (Luhdan) yang dilaksanakan di Hotel Syariah Solo, sejak Rabu-Jum’at (19-21/6).

Pemilihan tersebut terbagi menjadi dua kategori, kategori fungsional dan non-PNS yang masing-masing diikuti oleh 35 peserta perwakilan tingkat kota se-Jawa Tengah.

Terdapat beberapa perkembangan dalam pelaksanaan PPAIT Jateng 2019, sebagaimana disampaikan Dr. Anashom Dosen UIN Semarang yang menyoroti soal penulisan,

"Ada yang lesan ada yang tertulis. Di lesan dan tertulis itu berkaitan. Jadi biasanya ada yang problem itu di sistimatika di penulisan. Karya penulisan ini kalau dia sistematik, maka nanti penyampaiannya juga sistematik"

Secara spesifik, Anashom menerangkan terkait penulisan bahwa dalam penilaian penulisan, terdapat beberapa yang memang ada belum standar ilmiah. Tapi kemudian ada yang bisa membungkus itu ketika disampaikan dalam bentuk lesan atau presentasi.

"(Secara keseluruhan) trennya sudah semakin baik. Di antara beberapa tahun lalu dan sekarang sudah meningkat. Memang itu proses belajar terus menerus," ujar Juri tamu dalam pemilihan tersebut.

"Kalau bisa penyuluh tidak mencukupkan diri dengan dakwah lesan. Tapi juga harus melatih diri untuk karya tulis" tambah Anashom

Berbicara soal kualitas peserta, Anashom menjelaskan "Wah, ini banyak yang bagus. Saya kira ada peningkatan yang bagus".

Hal senada juga disampaikan Khamdani selaku Ketua Dewan Juri bahwa tahun ini tentunya lebih baik dengan tahun yang lalu. Karena mulai dari penilaian semua kita nilai sehingga penilaian itu akan jadi standar didalam pelaksanaan pemilihan penyuluh teladan di tingkat provinsi menuju tingkat nasional.

Harapan kami ada beberapa hal yang sekiranya itu menjadi catatan bagi semua penyuluh sehingga persiapan untuk maju ke tingkat provinsi nasional itu harus dipersiapkan lebih jauh. Antara video, presentasi, portofolio itu akan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Karena empat komponen itulah yang akan menjadi penilaian.

“Yang non PNS ya cukup lumayan. Sehingga nanti harapan kita itu sudah lebih baiklah."

Ia juga memberikan saran untuk mempelajari juklak dan juknis karena itu kan sebagai petunjuk pelaksanaan. Dari juklak dan juknis itu nanti acuan penilaian, terutama dalam pembuatan video. Karena yang namanya video itu harus ada improvisasi, tidak hanya sekedar menyajikan terkait tentang kegiatan-kegiatan.

Evaluasi penilaian video juga dipaparkan Lasianto selaku Juri 3 yang menjelaskan harusnya(ada inovasi) menampilkan profil daerah itu. Misalnya menampilkan kondisi lingkungan, masyarakat, penghasilan, dan originalitas. Itu nanti yang diangkat untuk menjadi topik utama

Terkait dengan kans perwakilan Jateng ditingkat nasional, Sobirin selaku Juri 4 menjelaskan, "Nanti akan kami adakan TC mungkin terkait video dan materinya yang perlu ada pembenahan-pembenahan, agar nanti di tingkat nasional insya Allah nanti untuk penyuluh teladan Jawa Tengah bisa berbicara banyak. Ya mudah-mudahan berkat doa restu para penyuluh yang ada di Jawa Tengah,” ungkap Kasi Pemberdayaan Zakat Bidang Penais Zakat dan Wakaf tersebut.

Sementara itu, Nining Indrawati, juri 5  menambahkan dalam lomba penyuluh teladan ini, selain penilaian video dan presentasi juga ada penilaian portofolio.

“Penilaian portofolio itu diperuntukkan untuk melihat kegiatan yang dilakukan oleh penyuluh selama ini terdokumentasikan dengan baik, dan itu dilihat dari portofolio yang disampaikan kepada juri Portofolio,” pungkas Nining yang menjabat Kasi Pengembangan SDI dan MTQH Bidang Penais Zakat dan Wakaf Kanwilm Kemenag Provinsi Jateng itu. (Abdus/bd)


Dibaca sebanyak 43 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial