Berita

Halaman Berita

Perayaan Natal 2018 sekaligus Pembinaan Guru PAK Kota Surakarta

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 23 Januari 2019

* Kasubbag Tata Usaha, Syamsuddin memberikan pembinaan pada saat perayaan natal guru-guru PAK kota Surakarta. (22/1)

Surakarta - Sebanyak 150 guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dari SD, SMP, SMA, dan SMK se- Solo Raya yang tergabung  dalam wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) maupun Kelompok Kerja Guru (KKG) mengadakan acara syukuran dan sekaligus merayakan Natal 2018, di SMK 7 Surakarta, Selasa (22/1) kemarin.

Budiman Simbolon, mewakili MGMP dan KKG, dalam sambutannya mengajak kepada semua guru yang sudah melaksanakan tugas pada 2018, untuk nantinya di 2019,  bisa lebih meningkatkan  kinerja guru agar lebih disiplin administrasi,kegiatan belajar mengajar semakin baik, dan semakin maju. Didalam perayaan ucap syukur, sekaligus Natalan itu, lanjut Simbolon, sesuai dengan tema yang diambil dari satu kolentus ayat 30 a, intinya bahwa, Yesus itu merupakan hidmat bagi kita.

“Jadi kita ini diberi oleh Tuhan kemampuan juga dapat digunakan untuk juga mensejahterakan, menjadi berkat bagi sesama umat,” ujarnya.

Oleh karena itu,  terang Simbolon, sebagai pendidik, ya kita mulai dari guru dulu, digugu dan ditiru  oleh putra-putrinya, tidak hanya bisa menyuruh tanpa memberi contoh.

“Sekarang ini, guru yang hanya perintah-perintah saja sudah tidak model, tapi, guru mencontohi dulu, dan ank-anak akan mengikuti apa yang dicontohkan gurunya,” ungkapnya.

Sementara itu Kasubbag Tata Usaha, Kemenag Kota Surakarta, Syamsuddin, mewakili Kakankemenag Kota Surakarta, mengatakan bahwa kita harus bersyukur dengan hasil seleksi CPNS yang diadakan oleh pada 2018 kemarin, dimana ada tambahan CPNS untuk guru PAK sebanyak 25 orang di kota Surakarta.

“Syukur ini jangan hanya identik dengan uang terus, jadi rasa syukur ini juga ke hal-hal yang lain. Kita juga diberi umur panjang, diberi kesempatan untuk bekerja di kementerian Agama juga disyukuri,” papar Syamsuddin.

“Dengan betul-betul melaksanakan tugas dan kewajiban sebagaimana mestinya menjadi guru agama yang bisa menjadi contoh keteladanan. Bukan hanya tataran teoritis, tapi betul-betul dipraktekan juga dan diidentikkan nyata di masyarakat,” lanjut Syamsuddin.

Ditempat yang sama Penyelenggara Kristen, Budi Astuti menjelaskan bahwa meskipun para guru baru tersebut kebanyakan belum praktek mengajar atau menjadi guru GTT, tapi mereka sudah pemberkasan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK).

Demikian juga Astuti memberikan motivasi, dan membesarkan hati kepada bapak ibu guru, khususnya guru senior yang nantinya tergeser tempat mengajarnya  oleh ke 25 CPNS ini  agar jangan merasa sakit hati. 

“Aku iki guru ning kono  wis suwe, kok malah ono guru anyar malah aku sing kon lungo, salahku opo… dosaku opo,” canda Astuti menggambarkan guru-guru yang akan dipindah itu.

Diharapkan bahwa jangan sampai ada perasaan seperti itu, tapi, harus bersikap profesional apalagi kebanyakan mereka itu rata-rata guru yang sudah sertifikasi, siap ditempatkan dimanapun, toh  di Kota Solo lima kecamatan kan jaraknya itu dekat.

“Beda dengan waktu saya di Kemenag Pati, dimana jarak antar kecamatan dengan kecamatan yang lain sangat jauh”, beber Astuti yang pernah bertugas di Kabupaten Pati, beberapa waktu lalu. (astuti_rma/wul)


Dibaca sebanyak 39 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


MAN 1 Kota Semarang Raih 5 Medali Yogyakarta Championship V Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 Maret 2019

Meski Kali Pertama, Siswa Tak Grogi ikuti UAMBN BK Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 20 Maret 2019

NGOPI, Sarana Berbagi Informasi dan Solusi Masalah Pendis Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 Maret 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial