Berita

Halaman Berita

Perebutkan Hadiah Umroh Gratis, 588 Peserta Bersaing di MTQ Tingkat Kabupaten Pati

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 11 September 2019

* Perebutkan Hadiah Umroh Gratis, 588 Peserta Bersaing di MTQ Tingkat Kabupaten Pati.

Pati - Gong bertalu-talu diikuti Mars MTQ tanda dibukanya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar ke-35 (XXXV) dan MTQ Umum ke-28 (XXVIII) tingkat Kabupaten Pati tahun 2019 oleh Bupati Pati Haryanto diawali dengan laporan pelaksanaan oleh ketua panitia yang dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati Imron Rosyidi, dihadiri oleh Forkopimda, Instansi terkait, peserta dan official yang nampak hikmad mengikuti jalannya upacara pembukaan di Pendopo Kabupaten Pati pada Rabu (11/09/2019).

Kepala Kankemenag Kab. Pati Imron Rosyidi mengatakan, Event tahunan ini diikuti 588 peserta perwakilan dari 21 kecamatan yang digolongkan menjadi cabang Tilawah putra putri kelompok SD/MI, SMP/MTS, serta SMU/SMK/MA, cabang Tahfidzil Qur’an kelompok SD/MI putra putri, cabang Hifdzil Qur’an golongan 1 juz dan Tilawah kelompok SMP/MTS putra putri, golongan 5 juz dan Tilawah kelompok SMA/SMK/MA putra putri. “Para juara di tiap kategori akan diseleksi lagi untuk mewakili Pati di tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan sebagai penyemangat, bagi juara satu akan mendapatkan hadiah Umroh gratis dari sponsor,” ujarnya.

Menurut Imron, Acara ini bertujuan untuk meningkatkan semangat generasi bangsa agar lebih menghayati makna isi kandungan Al Qur’an sehingga kontribusi dalam rangka pembentukan karakter generasi yang islami yang diharapkan bisa diaplikasikan pada perilaku di kehidupan sehari-hari.

Sementara, Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya yang diawali dengan kata Pembukaan dan ucapan selamat bertanding kepada peserta MTQ, baik dari pelajar maupun umum mengharapkan kegiatan ini bisa mencerdasan anak anak bangsa melalui Tilawatil Qur’an. “MTQ perwakilan dari Pati dua tahun berturut-turut menjadi juara umum, berhasil meraih piala bergilir menjadi juara umum tahun 2017 dan 2018 dan harapan tahun ini akan menjadi juara umum.” ujar Bupati.

“Tunjukkan bahwa kita bisa dan mampu menjuarai MTQ tingkat Kabupaten Pati, Kegiatan ini merupakan Agenda rutin tahunan yang nantinya diharapkan bisa bersaing baik tingkat Provinsi dan Nasional,” ujar bupati.

Selain itu bupati juga mengajak para orang tua agar mendidik anak-anaknya untuk belajar agama, MTQ dan Al Qur’an.Satu anugerah tersendiri untuk kita bisa membaca kitab kuning, dan bisa membaca kitab gundul, dan Al Qur’an ini adalah sebagai pegangan hidup pada umat muslim dan sudah barang tentu anak-anak kita bisa mengantisipasi budaya-budaya yang selama ini masuk dengan tidak baik,” tandas Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, untuk para juri sudah tidak perlu diragukan lagi karena notabene juri tersebut rata-rata sudah pernah menjuarai MTQ tingkat nasional maupun internasional, dan kabupaten Pati merupakan tempat penempaan baca tulis Al-Qur’an sudah berkembang pesat dan banyak penghargaan yang sudah diraih Kabupaten Pati baik tingkat Provinsi dan Nasional bahkan Internasional.

Sekali lagi dampak positif giat ini dapat mengantisipasi budaya masuk yang tidak baik, dan selamat bertanding semoga akan terpilih juara tingkat Kabupaten Pati yang akan mewakili keajang selanjutnya dan membawa nama baik Kabupaten Pati,” tegas Bupati. (Am/qq)


Dibaca sebanyak 46 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial