Berita

Halaman Berita

Pererat Kebersamaan, Al Mansur MAN 1 Surakarta Gelar Outbond Ceria

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 02 Desember 2019

* Keceriaan nampak pada serangkaian kegiatan outbond bersama Al Mansur MAN 1 Surakarta

Surakarta - Suasana di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta, sabtu (30/11), mendadak dipenuhi dengan dominasi kaos berwarna oranye. Warna yang identik dengan kegembiraan, kebahagiaan, kehangatan, serta antusias ini, benar-benar mewakili suasana hari itu. Nampak seluruh unsur madrasah merasakan suasana yang diwakili dengan warna oranye. Ada apakah gerangan ? 

Inilah suasana yang terlihat saat upacara pemberangkatan kegiatan outbond ceria yang dilaksanakan oleh Koperasi Al Mansur MAN 1 Surakarta. Dalam sambutannya, Eko Apriyanto, selaku ketua Koperasi Al Mansur menyatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk lebih mempererat kebersaaman diantara seluruh unsur madrasah.
"Suasana yang gembira, penuh kehangatan, kegembiraan serta tidak ada sekat-sekat pemisah adalah pesan yang ingin kita sampaikan. Oranye terdapat unsur agresif dari warna merah yang ditahan dengan kelembutan yang berasal dari warna kuning. Inilah nilai keseimbangan," kata Eko Apriyanto. Kegiatan ini, lanjut Eko, adalah kegiatan rutin Koperasi Al Mansur, yang kebetulan diadakan menjelang ujian akhir semester. Harapannya seluruh unsur madrasah bisa lebih semangat songsong tugas-tugas di minggu depan.

Sementara itu Wardimin selaku wakil madrasah bidang kurikulum, yang mewakili Slamet Budiyono selaku kepala MAN 1 Surakarta, menyambut baik kegiatan ini.
"Saya lihat tidak ada yang cemberut pagi ini. Jadi semuanya bahagia dan gembira. Harapannya semua unsur madrasah bisa lebih menyatu dalam kebersamaan, bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga bisa mencapai tujuan madrasah yaitu menjadi sekolahnya para juara," kata Wardimin.

Kegiatan outbond yang bertempat di Kampung Karet, Kemuning, Karanganyar dibawah bimbingan instruktur dari expose. Rombongan berangkat pukul 08.00 menggunakan empat bis. Perjalanan terasa tidak melelahkan karena pemandangan yang indah  menjadi hiburan selama perjalanan.

Outbond dibagi dalam dua sesi kegiatan yaitu permainan dan wisata tubbing. Setelah menikmati hidangan pembuka usai sampai di lokasi, seluruh peserta mulai melaksanakan kegiatan. Diawali dengan senam bersama, instruktur mengajak seluruh peserta bisa terlibat dalam permainan yang telah disiapkan. Mulai dari membuat yel-yel kelompok, memasukkan air menggunakan kepala, memasukkan air menggunakan plastik yang panjang hingga balapan menggunakan kain yang digulung. Sesekali nampak ada peserta yang dicoret mukanya
 Hal ini menambah keseruan acara. Nampak tidak ada sekat diantara peserta, baik guru dan karyawan. Jika di lingkungan kerja mungkin ada perasaan sungkan, maka di outbond ini semua bisa menyatu dalam kebersamaan.

Selepas istirahat dan sholat, acara dilanjutkan dengan wisata tubbing yaitu menaiki ban karet menyusuri sungai yang berkelok dan berair deras. Secara berkelompok peserta dibawah bimbingan instruktur menuju titik pemberangkatan dan menyusuri jalur sungai sejauh kira-kira 800 meter. Dengan pemandangan yang indah di lereng gunung lawu, peserta mulai menyusuri sungai menggunakan ban karet. Pada satu titik yang ditentukan, mereka mengalami pengalaman digulung air yang deras. Nampak beberapa peserta yang terlepas dari ban karet. Namun berkat kesigapan instruktur yang selalu mendampingi, tidak ada kejadian yang tidak diinginkan. Suasana ini justru menambah keseruan dan kebersamaan diantara peserta. Seperti yang disampaikan salah satu guru Aminatun Siti Zaenab.
"Ini adalah pengalaman pertama yang luar biasa berwisata tubbing. Terutama tadi saat digulung arus air, saya sampai harus memegang rambut gondrong instruktur karena paniknya, tapi benar-benar menyenangkan," kata guru Matematika ini.

Kesan yang berbeda-beda tentu juga dirasakan peserta yang lain. Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah motivasi dan semangat baru untuk menyongsong tugas-tugas yang telah menanti. (rsd-my/bd)


Dibaca sebanyak 43 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial