Berita

Halaman Berita

Perlu Kolaborasi Antara KBIH Dan KUA Dalam Bimbingan Manasik Haji

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus - 02 Desember 2019

* Perlu Kolaborasi Antara KBIH Dan KUA Dalam Bimbingan Manasik Haji

Kudus – Pelayanan dan perlindungan yang diberikan kepada jamaah haji semakin memuaskan , namun kesempurnaan bimbingan ibadah haji belum sepenuhnya memperoleh perhatian. Oleh karena itu perlu adanya upaya. Salah satu upaya adalah memberdayakan para pihak terkait yang memungkinkan untuk menyelenggarakan pembinaan manasik haji secara mandiri.

Dalam memberikan pemahaman pengetahuan kepada  jamaah haji  yang mandiri adalah menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat “ KBIH”  (Kelompok BImbingan Ibadah Haji).

 KBIH mempunyai tanggungjawab yang sama dengan pemerintah  dalam rangka ikut memberikan pengetahuan yang menjadikan jamaah haji menjadi jamaah haji yang mandiri .Dalam hal ini bagaimana  KBIH bisa mengemasnya dengan memberikan bimbinganya  sehingga calon jamaah haji memiliki pengetahuan dasar keagamaan termasuk bagaimana cara bekomonikasi yang baik dan dapat menjalin hubungan baik terhadap sesama. Demikian sambutan yang disampaikan Plt Kepala Kemenag Kab.Kudus Hidayat Maskur saat memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang manasik haji sepanjang tahun “ gratis” di Hotel @ Home Kudus, (28/11/2019) yang diikuti oleh  Ketua MUI , Ketua  KBIH, Kepala KUA dan Penyuluh  Agama Islam Non PNS.

Lebih lanjut dikatakan “tidak semua Kabupaten/Kota mempunyai KBIH yang lengkap, ada juga jamaah haji yang tidak masuk dalam KBIH ,sementara mereka mempunyai tuntutan yang sama untuk mengikuti bimbingan manasik haji. Oleh karena itu dari Dirjen PHU menghendaki kolaborasi , kewajiban bersama  bahwa setiap KUA wajib menyelenggarakan   bimbingan manasik  haji sepanjang tahun dengan  harapan dapat memberikan kontribusi yang sama untuk melaksanakan manasik sepanjang tahun . Di satu sisi KBIH diharapkan bisa berkembang dengan baik  dalam memberikan  bimbingan manasik serta memberikan materi agama kepada masyarakat.” Jelasnya.  Inilah yang melatar belakangi adanya kebijakan dari Dirjen PHU tentang Penyelenggaraan bimbingan  manasik haji yang diselenggarakan oleh KUA yang disebut manasik haji sepanjang tahun.

Setelah sambutan dilanjutkan pemberian materi tentang manasik haji mandiri oleh Gara Haji dan Umroh Kemenag , Su’udi. (St.Zul/wwk/bd).


Dibaca sebanyak 26 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial