Berita

Halaman Berita

Perlu, Pembentukan MGMP untuk Penguatan Kualitas Guru

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 08 September 2019

* Kakankemenag Kab. Rembang, Atho'illah ketika memberikan arahan pada kegiatan MGMP guru MTs di MTs Mualimin-Mualimat Rembang, Sabtu (7/9/2019).

Rembang – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dinilai perlu untuk menguatkan fungsi dan tugas guru dalam dunia pendidikan di madrasah. Dengan adanya MGMP, segala permasalahan yang muncul akan bisa diselesaikan dalam forum ini. Hal tersebut tersirat dalam acara Pertemuan MGMP yang diadakan oleh KKM MTs Kabupaten Rembang yang diadakan di MTs Mualimin Mualimat Rembang, Sabtu (7/9/2019). Acara ini dihadiri oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah dan segenap pengawas dan Kepala MTs se-Kabupaten Rembang.

Dalam kesempatan tersebut, Atho’illah mendorong guru MTs untuk secara personal meningkatkan kualitas diri. Upaya ini dapat dicapai dengan mengimplementasikan lima budaya kerja Kementerian Agama. Menurut Atho’illah, apabila lima budaya kerja bisa diaplikasikan dengan sungguh-sungguh, maka kualitas dan kompetensi guru akan meningkat.

Atho’illah menambahkan, sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru, diperlukan komunikasi dan kolaborasi antara Kemenag, pengawas, dan sesama guru. Sehingga jika ada permasalahan, bisa segera dipecahkan. “Tak luput pula inovasi dan daya saing harus dimiliki untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan- gagasan baru kepada yang lain,” sambungnya.

Dalam forum ini, dibahas rencana tentang pembentukan MGMP untuk seluruh mata pelajaran yang diampu MTs. Organisasi ini akan melibatkan seluruh guru MTs, baik PNS maupun non PNS.

Pengawas MTs Kemenag Rembang, Suseno mengatakan, dengan rencana pembentukan MGMP ini, koordinasi guru MTs akan lebih mudah. Menurut rencana, Kakankemenag akan mengesahkan kepengurusan MGMP dalam sebuah SK.

“Jika SK sudah terbentuk, nanti akan ditindaklanjuti dengan penyusunan program-program kerja. Program kerja itu adalah dalam rangka meningkatkan kualitas guru MTs, sehingga akan meningkatkan pula kualitas pendidikan dan peserta didik di madrasah,” ujar Suseno. -- (iq/gt)


Dibaca sebanyak 22 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial