Berita

Halaman Berita

Pertama Kali MI Darul Ulum Pedurungan Laksanakan PAT Model Daring

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Juni 2020

* Tampak beberapa siswa sedang mengerjakan PAT onlinedi MI Darul Ulum Pedurungan, Sabtu (6/6)

Semarang – Wabah  Covid-19, memaksa dunia pendidikan melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tidak seperti biasannya. PAT kali ini dilaksanakan dengan sistem daring (dalam jaringan) sesuai dengan anjuran pemerintah.  Oleh karena itu, untuk pertama kalinya MI Darul Ulum Pedurungan melaksanakan PAT melalui sistem daring ataupun online, Sabtu (6/6).

Sebagaimana dilaporkan Rifai Muhammad, proses PAT daring ini dilakukan oleh guru dan murid dengan cara pengerjaan soal-soal melalui online yang didukung dengan bantuan aplikasi google drive. Di google drive ini guru diberi kemudahan untuk membuat soal-soal, yang kemudian link dari pembuatan soal tersebut bisa dikirim kepada siswa untuk dikerjakan.

Nilai pun dapat langsung keluar setelah selesai mengerjakannya. Pengontrolan siswa yang sudah mengerjakan atau belum juga dapat terpantau dengan mudah di manapun berada. Siswa menjadi antusias dan senang ketika mengerjakan dengan sistem daring.  Tidak terasa mengerjakan soal, namun alhasil mereka sudah belajar dan mengerjakan soal yang diberikan guru, soal menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Moch Pandega Satria Pratama, siswa kelas 5 MI Darul Ulum Pedurungan dalam komentarnya melalui WhatsApp mengatakan, “PAT daring sangat menyenangkan, Saya bisa mengerjakan tanpa terpaku dengan alat tulis buku dan bolpen. Pengerjaan soal-soal jadi terasa seru, seperti mengerjakan kuis atau permainan.  Selain itu, saya juga dapat mengetahui secara langsung hasil nilai yang saya peroleh, dan itu bisa menjadi acuan tersendiri buat saya. Jika nilai saya jelek saya besuk harus lebih serius belajar, jika sudah bagus saya harus mempertahanan sampai akhir.”

Ungkapan senada disampaikna oleh mama Pandega, “PAT online ini saya rasa sangat menyenangkan bagi anak, anak menjadi lebih bersemangat dan hasil nilai dapat diketahui secara langsung. Namun demikian, ada sisi yang memberatkan, yakni kuota sangat boros dan cepat habis serta terkendala dengan sinyal”.

Selaku kepala madrasah, Mufed Muhammad memahami kendala yang dirasakan orangtua. “Benar, sinyal yang terkadang sulit dan kuota yang sangat boros serta cepat habis menjadi kendala utama. Demikian juga, PAT daring ini juga sangat rentang dengan soal isian dan uraian. Soal dan jawaban lebih pakem atau tepat dengan menggunakan jenis soal pilihan ganda.” Ujarnya.

Terkait dengan kebijakan PAT online ini, Mufed menambahkan, “Kami sejatinya tidak membatasi para guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan cara apapun. Namun dalam kondisi seperti ini, saya sebagai kepala madrasah menganjurkan para guru untuk melakukan PAT dengan cara online sesuai dengan anjuran pemerintah. Alhamdulilah dapat diterima dan dilaksanakan dengan baik.”

PAT berlangsung mulai Senin (3/6) sampai dengan seminggu ke depan, dimulai dari jam 07:00 s.d 21:00 (paling lambat-lambatnya). Demi kelancaran dan keberhasilan PAT bersama, guru berharap agar orang tua ikut andil membantu dan dapat memfasilitasi anak untuk pelaksanaan PAT tersebut. (dsw/sby/bd)


Dibaca sebanyak 134 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembinaan Administrasi dan Data Perwakafan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 September 2020

Pembinaan Kepala KUA di Lingkungan Kemenag Kab. Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 September 2020

Bina Pegawai KUA Kragan, Ini Sejumlah Pesan Kakankemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 18 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial