Berita

Halaman Berita

Pesantren Kilat Ramadhan Remaja Madrasah Di Rumah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 20 Mei 2020

* Pesantren Ramadhan Remaja “Madrasah di Rumah” diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia Komisi Pendidikan dan Kaderisasi (MUI-KPK)

Semarang – Di tengah merebaknya pandemi Covid- 19 dan bulan suci Ramadhan telah masuk sepuluh hari yang ketiga, tidak menghalangi untuk meningkatkan pengetahuan dan keilmuan dengan mengikuti pembelajaran jarak jauh/daring. Terkait hal ini, MUI Pusat kembali menyelenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan 1441H/2020 M melalui aplikasi zoom bagi remaja.

Upaya mulia yang dilakukan MUI Pusat merupakan tetesan embun segar yang menyapu dahaga remaja tentang pembelajaran agama yang benar. Saat ini, bekerja dari rumah dan belajar dari rumah hingga bersilaturahmi dengan kerabat menggunakan video conference perlahan menjadi sesuatu yang lazim di tengah pandemi Covid- 19.

Program Sanlat Ramadhan online yang dikemas dengan menarik, seru, dan keren untuk para remaja siswa SMA/MA/SMK dan mahasiswa, selain diisi para pemateri yang kompeten di bidangnya, juga ada tilawatil Qur’an pembuka oleh Syamsuri Firdaus, juarra 1 MTQ Intternasional di Turki Tahun 2019.

Memang, akibat wabah Covid- 19 membuat situasi darurat menjadi  tak terelakkan. Namun, kedaruratan juga menuntut kreativitas agar visi pendidikan agama para remaja tidak terbenam dalam tuntutan formal yang tercerabut dari realitas krisis. Pembatasan sosial karena pandemi Covid- 19 tak mesti berujung pada krisis kreativitas.

Pesantren Kilat Ramadhan 1441 H "Madrasah di Rumah Untuk Kemaslahatan Umat dan Bangsa" merupakan program pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diadakan oleh Majelis Ulama Indonesia Komisi Pendidikan dan Kaderisasi (MUI-KPK). Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 16 s.d 18 Mei 2020, menggunakan aplikasi video conference (Vicon).

“Kami mohon Bapak/Ibu Guru dan Orangtua untuk menugaskan atau mendaftarkan putra-putrinya dalam Sanlat ini,” tutur Kurikulum dan Evaluasi RA pada Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Ditjen Pendis Kemenag RI, Dr. Kartini, saat koordinasi melalui watsapp, Jum’at (15/5/2020).

Dikatakan Kartini, peserta terbuka untuk remaja di seluruh Indonesia. Kuota yang disiapkan untuk maksimal 500 orang peserta. Panitia menyiapkan sertifikat bagi peserta yang terus mengikuti minimal 75% kehadiran. Selama sesi berlangsung panitia menyiapkan doorprize bagi pemenang Kuiz pada setiap materi.

Program Sanlat Remaja "Madrasah di Rumah" merupakan ajang belajar menjadi pribadi yang unggul. Untuk memeriahkan Program Madrasah di rumah bersama MUI ini, panitia meminta peserta untuk memasang twibbon yang telah disediakan untuk profile picture WhatsApp dan untuk membuat postingan di sosial media bagi para peserta.

Sementara itu, pengawas Kemenag Kota Semarang, Amhal Kaefahmi mengatakan, program yang diusung oleh MUI ini perlu diapresiasi, karena memberikan tambahan pengetahun dan pencerahan hati, utamanya bagi para remaja.

“Program ini sangat bagus, terutama untuk pembinaan karakter keagamaan bagi remaja. Karena itu, kami segera meneruskan kepada guru dan kepala madrasah Kota Semarang,” papar Amhal Kaefahmi, saat WFH dari rumah di Yogyakarta, Sabtu (16/5/2020).

(Amhal Kaefahmi)


Dibaca sebanyak 19 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kakankemenag Berikan Apresiasi Kepada Pokjawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

Masjid Al Huda Godean Terapkan Protokol Kesehatan Ketat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 27 Mei 2020

DMI Kota Surakarta Bagikan 750 Sembako Bantuan Presiden Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 27 Mei 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial