Berita

Halaman Berita

Pesantren Ramadan Membentuk Pribadi Yang Saleh

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang - 16 Mei 2019

* Peserta didik MTs Negeri 2 Pemalang mengikuti kegiatan bedah buku saku amalan yaumiyah dalam rangka mengisi kegiatan bulan Ramadan (utg - 14/5)

Pemalang - Dalam rangka mengisi kegiatan bulan Ramadan, MTs Negeri 2 Pemalang mengadakan kegiatan pesantren Ramadan selama sepekan mulai tanggal 9 sampai dengan 15 Mei 2019. Kegiatan pesantren Ramadan diadakan melalui kerja sama antara MTsN 2 Pemalang dengan lembaga Majelis Ta’lim dan Tahfidz Zainul Qur’an Pemalang. Sebanyak 10 anak pilihan dari kelas 7, 8, dan 9 mengikuti kegiatan ini.

“Melalui kegiatan pesantren Ramadhan, diharapkan akan terbentuk pribadi anak yang saleh menjadi uswatun hasanah bagi lingkungannya, baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan madrasah. Karena selama pesantren mereka dididik, dibimbing dan dilatih dalam suasana pesantren”.

 Kepala MTsN 2 Pemalang Imam Sayekti menjelaskan, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/5). Beliau menuturkan meskipun kegiatan pesantren Ramadan dilaksanakan saat waktu aktif belajar, namun tindak mengganggu kegiatan belajar mengajar peserta di siang hari.

"Selama sepekan anak dikarantina di dalam pesantren mengikuti agenda pesantren yang telah dirancang oleh panitia, mulai bangun malam untuk salat sunnah, makan sahur sampai ta’jil atau buka puasa bersama. Karena kegiatan pesantren Ramadan masih dalam waktu aktif belajar, maka setiap pagi anak tetap berangkat belajar di MTsN 2 Pemalang dengan diantar jemput oleh panitia," kata Imam.

Materi pesantren Ramadan merujuk pada buku saku amalan yaumiyah yang telah disusun sendiri oleh MTs Negeri 2 Pemalang diantaranya hafalan surat-surat pendek (Juz ‘Amma), do’a-do’a harian, bacaan-bacaan salat, praktek salat sunnah (Tahajud, Tasbih, Hajat dan Dhuha), nadhom asma’ul husna, istighosah dan kaifiyah ziarah kubur.

Sesuai dengan agenda pesantren yang dirancang oleh panitia, setelah salat Tarawih dilanjutkan dengan bedah buku saku amalan yaumiyah yang disampaikan oleh Slamet Untung guru MTsN 2 Pemalang sekaligus pengasuh Majelis Ta’lim dan Tahfidz Zainul Qur’an. Menurutnya materi bedah buku saku amalan yaumiyah disampaikan secara teori dan praktik. Sehingga betul-betul akan membekas dalam pribadi anak sebagai pembiasaan.

Dalam setiap waktu anak diberi tugas untuk menghafal amalan yaumiyah dan mempraktikan langsung yang dibimbing oleh guru pendamping. Dengan penuh sabar, anak melaporkan hasil hafalannya kepada guru pendamping. Setoran hafalan dilakukan sehabis salat fardhu. Setiap ba’da salat Subuh anak tadarus Al Qur’an kemudian mengikuti ceramah kuliah Subuh yang disampaikan oleh Ust. Muhammad Roni sebagai pengembangan wawasan keislaman dan penguatan ketauhidan serta motovasi agar amalan yaumiah yang telah diikuti selama pesantren Ramadan untuk selalu dibiasakan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada hari terakhir, Rabu (15/5) diadakan ziarah kubur di makam Syeh Maulana Samsudin di dekat pantai Widuri setelah salat Tarawih yang dibimbing oleh Slamet Untung. Dalam ziarah kubur ini anak mempraktekan langsung buku saku amalan yaumiyah. Kegiatan ini merupakan puncak dari agenda pesantren Ramadan. (utg/fi/rf)


Dibaca sebanyak 107 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upacara HUT RI ke-74, Kakankemenag Pati Paparkan Kriteria SDM Unggul Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Agustus 2019


Fajar Energi Baru Kemenag Jateng Subbag Inmas 08 - 16 Agustus 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial