Berita

Halaman Berita

Peserta Binwin Deskripsikan Generasi Impian

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 09 Oktober 2019

* Peserta Binwin ketika memaparkan deskripsi tentang generasi berkualitas pada Binwin angkatan ke-9 yang diadakan di KUA

Rembang – Peserta Bimbingan Pra Nikah tampak bersemangat ketika menyampaikan presentasi tentang definisi keluarga sakinah. Salah satu indikasi terbentuknya keluarga sakinah adalah generasi yang berkualitas.

Suasana tersebut tampak dalam Bimbingan Pra Nikah yang diadakan oleh Kemenag Rembang bekerjasama dengan KUA Sluke dan Puskesmas Sluke. Diikuti oleh 30 peserta, Bimwin ini berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (8-9/10/2019) di Aula Puskesmas Sluke.

Dalam sesi materi generasi berkualitas, fasilitator Binwin, Eva Nur Lathifah memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berdiskusi mendefinisikan generasi berkualitas. Peserta yang terdiri atas 15 pasangan catin ini diminta mendeskripsikan bagaimana generasi impian yaitu buah hati mereka kelak.

Usai berdiskusi, peserta lantas memaparkan hasilnya kepada seluruh peserta lain  Asyrofi, juru bicara kelompok A menguraikan generasi berkualitas dari sudut pandangnya. Menurutnya, anak impian mereka adalah putra-putri yang bertakwa, berilmu, dan berakhlakul karimah.

"Bertakwa artinya taat akan ajaran agama, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sedangkan berilmu bisa jadi anak-anak kita itu hafid Al-Qur'an dan ilmu-ilmu agama atau umum yang bermanfaat bagi masyarakat. Dan semua itu dimatangkan dengan Akhlakul Karimah," kata Asyrofi.

Agak berbeda dengan kelompok B. Kelompok ini lebih menekankan aspek sosial.  Jubir kelompok ini, Zaenal Musthofa mengatakan, generasi berkualitas adalah generasi yang mengedepankan nilai-nilai agama dalam kehidupan mereka. Tak hanya itu, aspek fisik dan kognitif harus seimbang. "Generasi yang berkualitas untuk kemajuan bangsa ini adalah generasi yang mampu menempatkan diri mereka dalam kehidupan sosial, matang secara ekonomi, dan perlu memiliki jiwa seni," ungkapnya.

Menanggapi berbagai presentasi dari peserta, Eva menyampaikan apresiasi terhadap hasil diskusi. Pasangan catin ternyata telah memiliki gambaran yang jelas anak-anak yang akan dilahirkan dalam rumah tangga. “Salah satu tujuan dari pernikahan adalah melahirkan generasi-generasi yang diridloi oleh Allah. Mampu menjaga ajaran agama, dan berguna bagi agama dan bangsa,” ujar Eva.

Bimwin ini menghadirkan beberapa fasilitator, yaitu Kasi Bimas Islam Ali Muhyidin, Kepala KUA Kragan, Amin Musa, dari ormas Fatayat NU Rembang, Eva Nur Lathifah, dan dari Puskesmas Sluke.

Kepala KUA Sluke, Sarifudin menyampaikan terima kasih atas semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini.- (iq/gt)


Dibaca sebanyak 15 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial