Berita

Halaman Berita

Pokjawas PAI Kembangkan Instrumen Ujian Sekolah PAI Online

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 24 Maret 2020

* Instrumen Monitoring Ujian Sekolah PAI Online

Semarang - Melihat wabah virus Corona yang belum ada tanda kapan berakhir, sementara layanan pendidikan agama Islam tidak boleh berhenti. Pihak sekolah dan GPAI harus bergerak cepat menghadapi tuntutan dan tantangan tersebut. 
Menurut Ketua MGMP PAI SMK (Rosidin) bahwa "mulai hari Senin (23/3) sebagian SMK Negeri di Kota Semarang menyelenggarakan US Online yang diawali mata pelajaran PAI". Namun sebagian US baru akan dimulai hari Kamis (26/3) dan mata pelajaran PAI dilaksanakan pada hari Senin (30/3). Pelaksanaan ini sebagian dilakukan oleh SMK Swasta di Kota Semarang. Perbedaan kebijakan tersebut dilakukan sesuai kesiapan masing-masing sekolah dan para siswanya dalam menyelenggarakan ujian online, tambahnya.
Guna mengawal pelaksanaan US Online mata pelajaran PAI Ketua Pokjawas PAI (HM Faojin) bersama Pengawas PAI Jenjang SMK telah mengembangkan Instrumen Pengawasan US PAI Online. Instrumen tersebut sebagai pengembangan dari instrumen US PAI Manual.
Kasi PAIS Kota Semarang (H. Abdul Ghofur) selaku mitra kerjanya "kami bangga dan sangat terbantu apa yang terus dikembangkan oleh Pokjawas PAI".  Kami mengapresiasikan secara produktif dan nanti akan dipergunakan menjadi alat ukur PAIS dalam penyelenggaraan US PAI Online bagi GPAInya, imbuhnya.
Adapun instrumen tersebut dirinci oleh Pengawas PAI (H. Sadi dan H Shihabuddin), bahwa "komponen terdiri dari identitas dan daftar pertanyaan". Untuk identitas menyangkut nama sekolah, jenjang, alamat, jumlah GPAI, nama dan status GPAI, pelaksanaan US PAI, dan jumlah peserta US. Sedangkan daftar pertanyaan semuanya ada 19 point yang dikembangkan. Daftar pertanyaan tersebut mulai waktu pelaksanaan US PAI online, kurikulum yang diberlakukan, pembuat perangkat US PAI online, HOTs, bobot sampai pada proses pengawasan online, pengendalian dan faktor pendukung dan penghambatnya, tambahnya.
Harapan bersama smoga virus corona segera teratasi dan pendidikan berjalan normal kembali, amin. (faojin/sadi/sihab/darlin/bd)


Dibaca sebanyak 185 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Terapkan New Normal, Kemenag Pati Berlakukan Sistem Kerja WFO untuk Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Sambut New Normal, Kemenag Pati Gelar Apel Perdana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial