Berita

Halaman Berita

Praktek Manasik Lebih Berat Dibanding Manasik Sesungguhnya

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 18 Juni 2019

* Sejumlah Calhaj Kabupaten Pekalongan ikuti Manasik Tingkat Kabupaten Senin, (17/6) di Masjid Al mukhtarom Kabupaten Pekalongan

Kab. Pekalongan – Sebanyak 793 calon haji Kabupaten Pekalongan mengikuti manasik haji tingkat Kabupaten Pekalongan pertama kalinya Senin (17/6) . bertempat di Masjid Al-Mukhtarom Kab. Pekalongan, dihadiri oleh Bupati Pekalongan Asib Kholbihi, dan FORKOPIMDA,  Pada hari pertama, calon haji di beri pembekalan manasik , dengan pemateri dari pejabat Kankemenag setempat, dan dinas Kesehatan

Sementara itu, Bupati Pekalongan saat membuka manasik perdana tingkat Kab. Pekalongan,  menyampaikan kepada calon haji, selama masa tunggu keberangkatan agar menjaga kesehatan dan staminanya. Mengingat sebagian besar prosesi perjalanan haji dengan berjalan kaki, lebih mengandalkan kesiapan fisik dan mental yang ditunjang dengan pengetahuan, pemahaman, serta cukup wawasan tentang ibadah haji. Mulai dari pengenalan wilayah, informasi dan kewajiban sebagai jamaah, hingga kesehatan para jamaah haji itu sendiri. Sebab, di tanah suci, mereka akan berbaur dengan orang-orang dari berbagai suku bangsa dari berbagai belahan dunia.

Calon haji juga dihimbau untuk mengikuti dan menyimak setiap materi bimbingan dengan seksama.“Tanyakan jika ada informasi yang belum jelas atau tidak dimengerti,”ucapnya.dan selanjutnya melaksanakan praktek manasik haji, dimulai dari Ihram atau berniat mengerjakan ibadah haji, wukuf di Arafah, mengumpulkan batu di Musdalifah, melempar jumrah Ula, Wustha, Aqobah, dan melaksanakan tawaf dan sai.”Terangnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Sujud menyebutkan, tahun ini calon haji yang akan diberangkatkan sebanyak 793 orang. Mereka akan terbagi dalam dua kloter yakni kloter 44, dan 45.

Direncanakan Calhaj Kabupaten pekalongan mendapat gelombang ke dua yang insya allah akan di berangkatkan tanggal 27 Juni 2019, Kloter 44 akan tergabung dengan Kab. Batang. Sementara kloter 45 akan bergabung dengan Kab.Tegal.”terangnya.

Jumlah 793 Calhaj Kab.Pekalongan kemungkinan juga akan berkurang dikarenakan dari keterangan yang ada belum jelas apakah para jamaah tersebut bisa diberangkatkan semuanya, bisajadi beberapa calhaj bisa mengundurkan diri dikarenakan beberapa sebab gagal berangkat misalnya; factor kesehatan, meninggal dll.”Tuturnya.

Usai acara pembukaan dan perkenalan para petugas haji yang akan mendampingi calhaj, dilanjutkan dengan materi terkait ibadah haji yang disampaikan oleh Kakankemenag H. Kasiman Mahmud Desky. Di sela memberikan materi Kankemenag berpesan pada parajamaah harus menjaga fisik, karena ibadah haji adalah ibadah fisik.”ingatnya.

Memasuki materi praktek manasik, salah seorang jamaah mengatakan, praktek manasik haji ini lebih berat dibanding manasik sesungguhnya. Karena, beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam satu hari. “Secara fisik lebih berat. Karena rangkaian kegiatan dilaksanakan satu waktu, seharusnya dilaksanakan sekitar empat sampai lima hari,” jelasnya, di sela kegiatan manasik. (hfrn/bd)


Dibaca sebanyak 51 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial