Berita

Halaman Berita

Praktik Kolaborasi, Aplikasikan Tiga Mata Pelajaran

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 02 Desember 2019

* Rangkaian Kegiatan Kolaborasi Tiga Mata Pelajaran di MTs Negeri 1 Surakarta

Surakarta - Sabtu (30/11/2019) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta 1 menggelar kegiatan praktik kolaborasi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas sembilan, mulai dari       Program Khusus (PK), Fullday (FD), Tahfidzul Quran (TQ), dan Reguler. Kegiatan yang melibatan tiga mata pelajaran yang meliputi fikih, prakarya, dan IPS ini diselenggarakan di halaman gedung 1 MTsN 1 Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai praktik tiga mata pelajaran. Praktik kolaborasi merupakan kegiatan yang baru diadakan pada tahun ini dengan tujuan agar siswa madrasah dapat mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di kelas.

            Kegiatan ini meliputi tiga praktik, yaitu praktik penyembelihan binatang, praktik pengolahan bahan pangan hasil peternakan dan perikanan, serta praktik penjualan ekonomi kreatif. Praktik yang dilatarbelakangi oleh kesinambungan tiga mapel ini diawali dengan proses penyembelihan hewan ternak. “Kami memilih penggunaan ayam sebagai bahan praktik penyembelihan binatang ternak karena ayam dinilai lebih praktis daripada hewan ternak lain,” ujar Sri Innayati selaku guru mata pelajaran Fikih. “Kompetensi dasar yang diterapkan dalam pembelajaran ini adalah KD 4.1 yaitu mendemonstrasikan tata cara menyembelih binatang, “ tambah Innayati.

            Setelah dilangsungkan proses penyembelihan, kegiatan praktik dilanjutkan dengan proses pengolahan bahan pangan hasil peternakan dan perikanan. Pada praktik ini, siswa dituntut untuk bertindak kreatif dalam mengolah bahan yang ada. Anik Rofiani mengatakan, siswa masih mendapat hambatan dalam proses memasak, terutama bagi siswa laki-laki. Pembagian kelompok perkelas yang  membedakan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan menurutnya kurang menguntungkan. “ Akan lebih baik jika dalam satu kelompok terdapat siswa laki-laki dan siswa perempuan,” tutur Anik sebagai guru IPS.

            Teori penjualan ekonomi kreatif merupakan materi yang seharusnya disampaikan pada semester dua. Namun, waktu yang tidak memungkinkan bagi kelas 9 untuk melasanakan praktik di semester 2. Hal ini  menjadi alasan mengapa materi ini dipraktikkan pada semester satu. “Kami dapat belajar banyak hal dari kegiatan ini. Kekompakan dalam kelompok, serta bertambahnya pengalaman baru dapat kami rasakan sebagai manfaat  dilaksanakannya praktik selain dapat mengaplikasikan teori yang telah diajarkan,” ucap Hafiizha Diefa, siswa kelas 9PK4. “ Teori yang kami praktikkan adalah mengolah bahan pangan hasil peternakan yang berupa (daging, telur, dan susu) dan perikanan (ikan, udang, dan cumi) menjadi makanan serta menyajikan dan melakukan pengemasan, “tambahnya.

            Ketiga guru mata pelajaran terkait berharap agar kegiatan praktik kolaborasi dapat dilanjutkan pada tahun berikutnya. Kegiatan kolaborasi tak hanya bertujuan sebagai praktik dari tiga teori mata pelajaran, namun juga dapat menambah kreativitas serta keaktivan siswa. “Di tahun berikutnya saya berharap dapat berkolaborasi kembali dengan tambahan mapel lain, IPA misalnya,” tambah  Santi Winarni, Guru Prakarya. Anik Rofiani berpendapat, perlu ditingkatkan fasilitas terutama tempat yang memadai. Kesiapan siswa dalam praktik pun perlu ditingkatkan agar mendapat hasil yang maksimal. (diana/duwi-my/bd)


Dibaca sebanyak 59 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial