Berita

Halaman Berita

Praktik Manasik sebagai Latihan Fisik

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 10 Juli 2019

* Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Purbalingga mengikuti praktik manasik di lokawisata Sanggaluri Park Kutasari.

Purbalingga – Bimbingan Manasik bagi Calon Jemaah Haji (CJH) yang digelar secara serentak di 8 lokasi (2-8 Juli 2019) di Kabupaten Purbalingga ditutup, Senin (8/7). Praktik manasik yang merupakan materi terakhir digelar di beberapa tempat. Sebagian melaksanakan kegiatan praktik di lapangan desa di wilayah kecamatan bersangkutan. Sedangkan sebagian lainnya dilaksanakan di lokawisata Sanggaluri Park Kutasari dan Surya Yudha Park Banjarnegara. Hal tersebut dijelaskan penyelenggara Bimbingan manasik haji KUA kecamatan Mrebet 2, Mahmud.

Ia mengungkapkan, praktik manasik gabungan yang digelar Sanggaluri Park Kutasari diikuti 300-an Calon Jemaah Haji. Kegiatan dimulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 11.00.  

“Praktik manasik kali ini merupakan latihan fisik bagi peserta sekaligus agar para calon jemaah haji  berimajinasi, membayangkan seolah-olah ini merupakan suasana di Tanah Suci,” ungkapnya.

Mahmud juga menjelaskan, kegiatan berjalan lancar dan sukses di bawah panduan para pembimbing ibadah haji  yang sudah berpengalaman.

“Calon Jemaah Haji Kecamatan Padamara dan Kalimanah dibimbing H. Sajirun, Purbalingga dan Kejobong dibimbing KH. Nurkholis Masrur sedangkan gabungan Kutasari, Bojongsari dan Mrebet dibimbing langsung Kasi Bimas Islam, H. Mukhlis Abdillah,” jelasnya.

Ia berharap, setelah mengikuti bimbingan teori dan praktik para peserta memahami secara mendalam tata cara ibadah haji. Sehingga dapat melaksanakan ibadah haji sesuai tuntunan Rasulullah dan menjadi haji yang mabrur.

Salah satu peserta manasik dari Kecamatan Padamara, Sri Hartati mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dan terima kasihnya kepada Kementerian Agama yang telah memberikan bimbingan manasik secara terus-menerus.

“Saya bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci setelah menunggu 8 tahun. Kami juga sangat berterima kasih kepada Kankemenag Purbalingga yang telah memberikan Bimbingan Manasik kepada kami baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan. Ilmu ini sangat bermanfaat sebagai bekal kami menunaikan ibadah haji,” ujarnya. (sri-sar/bd)


Dibaca sebanyak 36 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial