Berita

Halaman Berita

Presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI)‎ Penyuluh Agama Islam

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas - 30 Juli 2020

* Presentasi Seminar KTI Penyuluh Agama

Purwokerto-Dalam rangka tugas publikasi Karya Tulis Ilmiah (KTI), para peserta pelatihan Diklat Jarak Jauh (DJJ) diharuskan untuk melaksanakan kegiatan seminar KTI di hadapan organisasi profesi. Oleh karenanya Muhammad Taubah sebagai peserta DJJ KTI Penyuluh Agama Islam Angkatan ke-1 dari Kemenag Kab. Banyumas menyelenggarakan seminar yang dihadiri Plt. Kasi Bimas didampingi Kepala KUA Wangon dan 20 peserta dari Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kec. Lumbir dan FKPAI Kec. Wangon serta Staf KUA Wangon dan Lumbir (28/7/2020).

Dalam sambutannya Ibnu Asaddudin selaku Plt. Kasi Bimas menegaskan bahwa JFT Penyuluh Agama disamping harus memiliki kompetensi melaksanakan tugas lapangan untuk melaksanakan Bimbingan, Penyuluhan Agama daa layanan konsultasi agama serta pembangunan, juga harus memiliki kompetensi dalam penulisan karya tulis ilmiah/makalah baik dipublikasikan ataupun tidak dipublikasikan. Kami mendorong sepenuhnya para Penyuluh untuk menulis karya tulis ilmiah sebagi standar Pengembangan Profesi.

“Karenanya JFT Penyuluh Agama akan naik Pangkat dan Jenjang Jabatannya apabila sudah memenuhi Angka Kredit juga tugas utama lainnya terpenuhi diantaranya pengembangan profesi melakukan kegiatan karya tulis ilmiah di bidang penyuluhan agama,” tegas Ibnu.

Menurut Siti Mukromah sebagai Ketua Panitia, kegiatan presentasi tersebut selain untuk memenuhi tugas, juga sekaligus sebagai pengembangan profesi Penyuluh Agama Islam yang memiliki unsur nilai kademis.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana latihan bagi para Penyuluh untuk meningkatkan kualitas Public Speaking, karena salah satu fungsi para Penyuluh adalah sebagai humas,” tambahnya

Seminar KTI dipantau dan dikoreksi langsung via aplikasi online oleh Dr. Hj. Siti Aminah, M.A sebagai Widyaiswara Pembimbing dari Balai Diklat Keagamaan Semarang dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari beberapa audiens peserta seminar (tbh).


Dibaca sebanyak 173 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi Subbag Inmas 04 - 24 September 2020

Bupati Purbalingga Serahkan Hak Pakai Gedung eks Pengadilan Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 24 September 2020

Maksimalkan Keikutsertaan KSM Online Nasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 24 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial