Berita

Halaman Berita

Prestasi Kerja Pengawas dan Keberhasilan Kepengawasan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang - 30 Juni 2020

* Koordinator Pengawas Madrasah Kankemenag Kab. Semarang, Idi Joko Sudono, saat menyampaikan kiat-kiat pembimbingan dan pemantauan Guru di masa pandemi Covid-19.

Ungaran - Pengembangan kompetensi pengawas dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) memang mutlak dilakukan mengingat kompleksnya tugas pokok dan fungsi seorang pengawas sekolah/madrasah. Sebab tanpa dibiasakan, menulis akan menjadi hal sulit dilakukan karena kurangnya keterampilan. Demikian disampaikan Kakankemenag Kab. Semarang, Saefudin, saat menutup kegiatan Diseminasi Hasil Pelatihan Jarak Jauh Karya Tulis Ilmiah (PJJ KTI) bagi Pengawas di RM. Cikal Gading Tuntang, Rabu, (24/6).

Dalam arahannya, Saefudin, meminta agar para pengawas madrasah tetap menjalankan tugas pokoknya dalam hal supervisi, monitoring dan juga evaluasi di satuan madrasah meski dalam situasi pandemi covid-19.

“Kalau kemudian tupoksi pengawas tidak dilaksanakan, kontrolnya akan menjadi sulit dikemudian hari,” ungkap Saefudin.

Disamping itu, Saefudin juga menekankan akan pentingnya melakukan upaya-upaya peningkatan prestasi kerja bagi seorang pengawas dengan senantiasa berfikir tepat, meningkatkan kemampuan komunikasi publik, orientasi pada hasil dan tidak selalu mengedepankan prosedur, mampu mengembangkan bakat, ketangkasan, adaptif serta menjalankan kepemimpinan yang inklusif, karena tolok ukur keberhasilan kepengawasan secara tidak langsung dilihat dari prestasi-prestasi kinerja yang dilakukan.

“Intinya semakin banyak prestasi, kemungkinan keberhasilan kepengawasan akan semakin besar pula,” imbuhnya.

Sebelumnya, koordinator pengawas madrasah Kankemenag Kab. Semarang, Idi Joko Sudono, juga telah menyampaikan beberapa hal terkait persiapan tahun pelajaran 2020/2021, penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) masa darurat covid-19 serta kiat-kiat pembimbingan dan pemantauan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh maupun masa new normal.(shl/Sua)


Dibaca sebanyak 161 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru




Penutupan Pelatihan Publikasi Ilmiah di MTs Negeri 2 Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 Oktober 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial