Berita

Halaman Berita

PTSP Percepat Pelayanan Kepada Publik

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 24 Mei 2019

* Petugas Front Office tengah melayani tamu dengan program PTSP, Kamis (23/5/2019).

Rembang – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) diharapkan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Melalui satu pintu, pelayanan kepada publik akan memangkas waktu, sehingga pelayanan menjadi relatif singkat.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah mengatakan hal tersebut dalam peluncuran PTSP yang diadakan pada Selasa (22/5/2019) menjelang magrib di ruang PTSP Kemenag Rembang. Acara ini dihadiri oleh segenap pejabat Kemenag Rembang dan Kepala KUA Kecamatan, serta para wartawan.

Atho’illah mengatakan, dengan adanya PTSP ini, masyarakat tak perlu lagi datang di seksi/penyelenggara untuk mendapatkan layanan. Semua tamu akan dilayani di ruang PTSP ini dan tidak perlu menemui staf seksi/penyelenggara terkait.

“Semua tamu akan dilayani di PTSP ini oleh front office dan costumer service,” kata Atho’illah.

PTSP ini akan menindaklanjuti 52 layanan yang akan diproses secara online. Atho’illah mengatakan, dalam menindaklanjuti permintaan pelayanan dari masyarakat, diperlukan kerjasama yang kompak antara front office dan back office. “Baik FO maupun BO harus memahami tugas masing-masing. Selain itu, mereka harus tahu dan faham atas prosedur layanan, sebagai contoh syarat-syarat berkas permohonan izin operasional,” kata Atho’illah.

Kasubag TU, Mohammad Ali Anshory mengatakan, dengan PTSP ini, durasi waktu yang diperlukan untuk sebuah pelayanan hanya membutuhkan beberapa jam saja. Namun tidak semua permohonan dapat dilayani dalam waktu sehari.

“Permohonan layanan yang ada kaitannya dengan hukum, tidak bisa dilayani dalam waktu sehari. Sebagai contoh permohonan pendirian tempat ibadah, permohonan izin operasional madin, ponpes, dan TPQ, memerlukan waktu yang lama karena memerlukan verifikasi lokasi,” terang Ali Anshory.

Dalam minggu ini, layanan PTSP masih diujicobakan. Ali Anshory mengatakan, akan mengevaluasi program PTSP ini secara berkelanjutan, sehingga setiap kekurangan bisa disempurnakan. Bahkan ada rencana pembuatan katalog tentang prosedur pelayanan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk suatu permohonan.

“Kita harus yakin dan bertekad agar layanan PTSP ini akan sukses sebagai implementasi misi Kemenag untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Ali. -- (iq/gt)


Dibaca sebanyak 33 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Tingkatkan Kompetensi Pengelola SIWAK Subbag Inmas 04 - 23 Agustus 2019

Seni Budaya Sebagai Perekat Persatuan Bimas Hindu - 23 Agustus 2019

Pawai Karnaval Kankemenag turunkan Mobil Hias Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 23 Agustus 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial