Berita

Halaman Berita

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

* Chuwaisoh menyampaikan kesannya selama menjadi PNS, didampingi Kakankemenag Kota Semarang, Muh Habib

Semarang – Kakankemenag Kota Semarang, Muh Habib, mengatakan, purnabakti sebagai PNS adalah proses alamiah yang tidak bisa dihentikan sedetik pun. Rutinitas selama puluhan tahun, dengan segala pernak-pernik, friksi-friksi, dan segala hal yang melekat dalam perjalanan karir seorang PNS pun harus berhenti.

Hal tersebut dikemukakan Muh Habib saat menjadi pembina apel pelepasa purnabakti Kasi Pontren, Chuwaisoh dan mutasi pengawas PAI,  Siti Misriyah, yang pindah tugas di Kabupaten Pemalang, di halaman kantor Kemenag setempat, Selasa (3/12).

Dikatakan Kakankemenag, perpisahan seperti ini terasa berat, namun suka atau tidak harus berhenti sebagai PNS karena usia. Purnabakti yang tidak meninggalkan masalah kedinasan dapat diartikan sebagai khusnul khotimah sebagai PNS yang patut disyukuri. Jangan sampai ketika pensiun mengalami masa post power syndrom, karena ketika PNS aktif mempunyai jabatan prestisius yang dapat mengatur dan memerintah.

Ia juga mengatakan, pencapaian terhebat bagi seorang PNS atau purnabakti, bukanlah merupakan perjalanan akhir pengabdian. Justru merupakan anugerah yang harus disyukuri karena telah melewati masa suka suka dalam tugas yang telah dijalani dengan baik. Meski demikian, purnabakti akan memasuki masa pengabdian yang lain.

“Purnabakti sebagai PNS bukanlah akhir segalanya namun justru merupakan awal pengabdian untuk masyarakat secara lebih intensif”, pesannya.

Ditambahkan Habib, sebagai PNS, semua saja tentu akan mengalami hal yang sama, karena hanya perbedaan waktu saja. Jadi ada satu waktu yang kita tunggu juga yang nanti kita akan sampai ke masa pensiun pula.

“Semua PNS akan mengalami, tidak perlu dirisaukan tetapi sebaiknya harus diterima, disambut dengan semangat baru sehingga siap menghadapi kondisi tersebut”, ujarnya.

Sementara itu, Chuwaisoh, dalam kesempatan menyampaikan kesa selama mengabdi sebagai PNS mengatakan, dalam karirnya menjadi PNS selama 33 tahun, ia telah berpindah tugas selama 3 kali. Pertama diangkat menjadi CPNS di Kabupaten Kebumen, lalu pidah di Papua, dan akhirnya pindah di Kota Semarang dengan abatan terakhir sebagai Kasi Pontren.

“Kenangan yang paling mengesankan adalah ketika saya bertugas di Papua, sering sakit-sakitan karena terserang malaria, dan alkhamdulillah dapat mengakhiri tugas sebagai PNS di Kota Semarang dengan baik”, ceritanya penuh haru. (Amhal/bd)


Dibaca sebanyak 310 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Bentuk Karakter dan Sikap Peduli Melalui Bakti Sosial Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 21 Januari 2020

Kemenag Pati Ambil Bagian Dalam FGD Wujudkan Satu Data Indonesia Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 21 Januari 2020

SMK Teuku Umar Gelar Festival Islami Tahun 2020 Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 21 Januari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial