Berita

Halaman Berita

RA Al Khoiriyyah 01 Komitmen Tetap Berikan Layanan Pembelajaran Terbaik Saat Pelaksanaan New Normal Di Madrasah

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 04 Juni 2020

* Kepala RA Al Khoiriyyah 01 Kota Semarang, Mardiyah, dalam Rakor terkait komitmen tetap memberikan pelayanan pembelajaran terbaik selama darurat Covid- 19 dan tatanan new normal

Semarang – Selama pandemi Covid- 19, RA Al Khoiriyyah berkomitmen tetap memberikan layanan pembelajaran terbaik pada siswa dengan memantau perkembangan pembelajaran anak selama belajar mandiri di rumah, mengirimkan materi dan panduan pembelajaran terkait pentingnya menjaga kesehatan, life skill, dan penguatan karakter keagamaan.

Demikian ditegaskan kepala RA Al khoiriyyah 01 Kecamatan Semarang Selatan, Mardiyah,  saat rapat koordinasi (Rakor) bersama guru RA setempat, terkait kesiapan dan komitmen RA yang dipimpinnya untuk tetap memberikan layanan terbaik pada anak didiknya selama pandemi Covid- 19 maupun di era new normal, Kamis (4/6/2020).

Rakor dititikberatkan pada peningkatan mutu home learning dalam rangka tetap berkomitmen memberikan layanan pembelajaran terbaik di masa pandemi Covid- 19 dan tatanan new normal. Rakor dilaksanakan dengan menerapkan prokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk ruangan.

Dikatakan Mardiyah, selama masa pandemi, guru RA Al Khoiriyyah 01 tetap memberikan layanan pembelajaran dengan memberikan materi pembelajaran “ringan”, koordinasi dengan orangtua siswa menyangkut beberapa aspek perkembangan anak seperti, perkembangan aspek motorik kasar dengan penekanan birrul walidain, misalnya, membantu ibu di rumah. Pada aspek motorik halus dengan permainan sehari-hari yang menyenangkan, seperti mewarnai dan meronce.

“Selain itu, kami tekankan pada pentingnya menjaga kesehatan dan pembiasaan karakter keagamaan seperti shalat dan mengaji,” ujar Mardiyah.

Dikatakan Mardiyah, selama masa darurat pandemi Covid- 19 dan menghadapi tatanan new normal nantinya, peserta didik harus tetap belajar secara terarah. Meski melaksanakan belajar secara mandiri di rumah bersama orangtuanya, pembelajaran mereka tetap dalam pemantauan guru. Pembelajarannya pun dikemas melalui bermain yang menyenangkan. Pemantauan dan koordinasi penting dilakukan agar tujuan pembelajaran tercapai. Sebab, tak semua orangtua mempunyai waktu dan kemampuan mengajar sebagaimana guru di sekolah.

Sebelumnya, Rabu (3/6/2020), pengawas Kemenag Kota Semarang, Drs. Amhal Kaefahmi, SH., M.Hum., M.Pd telah memberikan arahan dan koordinasi terkait dengan komitmen RA wilayah binaan, untuk memberikan pelayanan pembelajaran terbaik pada siswa selama masa Pandemi.

Amhal Kaefahmi juga meminta agar kegiatan RA Al khoiriyyah 01 pada masa pandemi Covid- 19 maupun pelaksanaan new normal dapat dipublikasikan, utamanya yang berkaitan dengan kesiapan dan komitmen RA Al Khoiriyyah 01 memberikan pelayanan terbaik bagi siswa.

Menurut Mardiyah, pihaknya berkomitmen memberikan layanan terbaik selama masa pandemik maupun new normal. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab terhadap orangtua dan masyarakat yang telah mempercayakan putra putrinya pada lembaganya. Meski awalnya ada kendala, misalnya, tak semua orangtua dapat membantu guru untuk melaporkan hasil pantauan anak-anak di rumah karena orangtua sibuk atau karena kendala jaringan internet.

Sementara itu, Siti Latifah, guru RA Al Khoiriyyah 01 mengatakan, pembelajaran home learning masa pandemik merupakan bentuk komitmen seorang guru. Dia merasa tertantang untuk terus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya yaitu, bergelut dengan teknologi agar bisa terus mengajar dengan kreatif, meski menggunakan Medsos.  (Amhal Kaefahmi/bd)


Dibaca sebanyak 201 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Habib: Pedomani Panduan Shalat Idul Adha 1441 H - 2020 M Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara - 03 Juli 2020

Pengawas PAI, Dorong Kembangkan Best Practise Hasil Pembelajaran Terbaik GPAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 03 Juli 2020

Wawasan Kebangsaan salah satu syarat perijinan Ponpes Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 03 Juli 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial