Berita

Halaman Berita

Rakor Operatir Data Mts dan MA

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 14 Januari 2020

* Ratusan Operator Madrasah MTs dan MA ikuti Rapat Koordinasi operator data madrasah di aula Kankemenag Kab. Demak.14-1-2020.

Demak - Seksi madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak adakan Rapat Koordinasi operator data pada madrasah, Rakor dimaksudkan agar dalam mendata tidak ada kesalahan , karena data dapat dijadikan sarana untuk evaluasi dan planning demi kemuajuan lembaga, hal tersebut disampaikan Kasi Penmad Kankemenag Demak H. Abdur Rokhim di aula kankemenag setempat. 14-1-2020.

Rakor diikuti 208 operator terdiri 133 operator MTs dan 75 operator MA se kabupaten Demak, dalam pertemua tersebut Abdur Rokhim berharap, semua peserta Rakor Peningkatan Mutu Data pada madrasah, untuk lebih mampu menguasai IT, Sebab era kini, hal-hal yang terkait dengan data sangat berhubungan dengan teknologi. “  Sehingga menuntut para operator madrasah mampu dan semakin mahir dalam mengoperasikan aplikasi yang terkait dengan data,” harap Abdur Rokhim.

Di hadapan ratusan peserta Rakor, Kasi Penmad itu menegaskan pentingnya data bagi pemerintah. Data dapat berguna untuk memetakan secara tepat, membuat rencana, dan memiliki gambaran umum tentang kondisi paling baru dunia pendidikan Agama Islam. “ Ini sangat penting  terutama dalam hal data peserta ujian, jangan sampai ada yang salah baik jumlah maupun nama siswa,” Jelasnya.


Kasi Pendidikan Madrasah lebih lanjut mengatakan, karena sangat pentingnya data  maka Rakor kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka  untuk memberikan wawasan dan pemahaman bagi operator tentang data . “ Sehingga bagi operator selaku pengelola data di madrasah  mampu menghindari dari double accounting siswa maupun terkait NISN siswa,” tambahnya.

Kantor Kementerian Agama Kab. Demak melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas Pengelola Data untuk Operator, ini menindaklanjuti dari hasil Rapat Koordinasi beberapa hari yang lalu di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa tengah. “  dengan rakor diharapkan semua operator bisa meningkatkan pemahaman system pendataan calon peserta Ujian,” Imbuhnya.

Pengelolaan data kependidikan di madrasah sejatinya menjadi tanggung jawab masing-masing PTK dan Kepala Madrasah. PTK bertanggung jawab melakukan updating data terkait dengan data pribadi masing-masing. Sedangkan Kepala Madrasah melakukan verifikasi dan validasi data terkait PTK, kesiswaan, dan kurikulum, di madrasah yang dipimpinnya.

“ Untuk membantu pekerjaan tersebut , Kepala Madrasah dapat mengangkat salah satu guru menjadi Operator Madrasah yang memiliki kewenangan mengelola data kelembagaan , Sehingga disetiap madrasah punya tenaga  operatornya,” Tambahnya. (ms/qq).  


 


Dibaca sebanyak 14 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Bentuk Karakter dan Sikap Peduli Melalui Bakti Sosial Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 21 Januari 2020

Kemenag Pati Ambil Bagian Dalam FGD Wujudkan Satu Data Indonesia Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 21 Januari 2020

SMK Teuku Umar Gelar Festival Islami Tahun 2020 Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 21 Januari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial