Berita

Halaman Berita

Rakor Persiapan Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 20 November 2019

* Bupati Demak HM.Natsir didampingi Ka.kankemenag Kab.Demak H. Muhaimin dan Kasi PHU Hj. Rahmi Indah Suciati memberikan pengarahan pada Rakor Persiapan Manasik Haji Sepanjang tahun di Ruang BKM Kab. Demak.20-11-2019.

 

Demak - Penyelenggaraan Haji & Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak adakan Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan Bimbingan Manasik Haji sepanjang tahun, rapat digelar di ruang BKM  Kab. Demak lantai  dua 20-11-2019.

Kegiatan yang melibatkan Kelompok Bimbingan Ibadah haji ( KBIH ) se Kab. Demak , Ikatan Persaudaraan haji Indonesia ( IPHI ) Kecamatan se Kab. Demak itu dihadiri Bupati Demak HM.Natsir selaku Ketua Umum IPHI Kab. Demak, Ketua KBIH Provinsi Jawa Tengah DR.H. Abdul Kholiq, Kepala Kantor Kemenag Kab. Demak H. Muhaimin,S.Pd.I.MH dan Kasi PHU Kemenag Kab. Demak Hj. Rahmi Indah Suciati,SH.MH.

Kegiatan tersebut menurut Muhaimin disamping untuk menyamakan persepsi para KBIH juga dalam rangka untuk peningkatan kualitas pelayanan bimbingan manasik bagi calon haji, “ kemenag punya kewenangan untuk mengatur yang nantinya aturan itu akan disinergikan dengan KBIH yang ada, yang nantinya KBIH yang sudah punya ijin diminta membantu memberikan pelayanan bimbingan manasik, “ katanya.

Sedang Bupati Demak HM.Natsir dalam sambutannya menyampaikan, dalam memberikan pelayanan bimbingan manasik haji terhadap calon jamaah haji semua punya tanggung jawab, “ untuk itu mari jalan bareng-bareng, KBIH ya Jalan, IPHI ya jalan dan Kemenag ya jalan ini semua untuk memberikan ilmu masaik haji kepada calon haji dan tentu dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada,” jelas Bupati.

Kemudian menurut ketua KBIH Provinsi Jawa Tengah H.Abdul Kholiq, bahwa sesuai indek pelayanan haji nasional sudah mencapai 80 persen lebih, dan pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan, “ sesuai UU 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh, KBIH punya tanggungjawab terhadap pelayanan bimbingan ibadah haji sehingga menjadi haji mabrur, yang meliputi bimbingan ibadah,muamalah, social dan lain-lain,” katanya.

Abdul Kholiq menambahkan, bimbingan manasik sepanjang tahun maksudnya kobla dan ba’da, artinya bagaimana seseorang yang akan menunaikan ibadah haji itu bisa menjaga kemabruran sebelum berangkat dan menjaga kemabruran setelah menunaikan ibadah haji.jelasnya. (ms/qq)

 


Dibaca sebanyak 47 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kankemenag Banjarnegara Gali Inspirasi Pengelolaan ke LAZ Al Ihsan Semarang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara - 06 Desember 2019

Purnabakti Sebagai PNS Awal Pengabdian Untuk Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang - 06 Desember 2019

Kasubbag Pati Evaluasi Tupoksi Kinerja Staf Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 06 Desember 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial