Berita

Halaman Berita

Rekrut Guru Baru Untuk Memenuhi Tenaga Pengajar

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 26 Juni 2019

* Suasana tes calon Guru Baru MTs Jamsaren, di ruang Komputer. (26/6)

Surakarta - Setelah bersabar akibat kekurangan tenaga pengajar selama kurang lebih satu tahun, dan banyaknya minat masyarakat yang menyekolahkan anaknya di MTs Al-Islam Jamsaren Semanggi, Pasar Kliwon Surakarta, kini lembaga yang baru saja meluluskan seluruh siswanya (100%) tersebut mulai berbenah dengan membuka lowongan pekerjaan bagi para guru lulusan strata satu untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Prakarya.

Demikian disampaikan Sigid, salah satu guru MTs al Islam Jamsaren melalui hanphonenya siang ini, Rabu (26/6).

Sigid menambahkan, rekrutmen guru Mts Al Islam Jamsaren Silir Semanggi Pasar kliwon Surakarta disamping  untuk memenuhi kekurangan tenaga pengajarnya, juga memenuhi standar pendidikan yang segaris dengan bidang ilmu pengetahuan.

Disamping itu, lanjut Sigid, adanya rencana madrasah yang akan membuka kelas program khusus (PK) mulai tahun depan.

“Dari sekian pelamar semua sudah masuk kriteria, yaitu sarjana pendidikan bahasa inggris, bahasa arab dan seni budaya. (Sudah) linier berdasarkan bidang ilmu yang dibutuhkan,” ujar Sigid.

Seleksi ketiga lowongan tersebut diikuti sebanyak 76 calon guru baru dengan kualifikasi 36 calon guru bahasa inggris dan 30 guru calon bahasa arab, sisanya adalah guru prakarya. Test dilakukan secara maraton.  Pada jam pertama psikotes dilakukan diruang kelas, sedang untuk tes kemampuan dasar dilaksanakan diruang komputer. “Besuk pagi tes wawancara,” imbuhnya.

Juwita Karunia selaku ketua panitya seleksi guru Mts Al Islam Jamsaren Surakarta menyampaikan bahwa banyaknya pelamar tahun ini menandakan bahwa Mts Al Islam Jamsaren sudah mulai dikenal masyarakat secara luas.

Oleh karena itu, Juwita berharap para calon guru ini serius dalam mengabdi dengan dedikasi yang tinggi dan pantang menyerah.

Iskandar, salah satu peserta tes calon guru Bahasa Arab mengatakan,”Sistem tes yang diadakan oleh MTs Al Islam Jamsaren ini bener-bener bikin semangat. Karena serius dan tidak ada titipan dari guru-guru yang sudah dahulu mengajar. (Saya) berharap bisa lolos dan ikut ngabdi di Mts Al Islam Jamsaren Surakarta”.

Faizul Kirom, Kepala Madrasah, mengatakan bahwa para guru ini nanti kalau diterima akan menandatangani kontrak kerja selama dua semester. “Kalau cocok lanjut. Kalau nggak cocok bisa mundur tetapi tidak boleh mundur kalau sudah melakukan kesepakatan kerja,” terangnya.

“Dengan (menerapkan) sistem seperti (itu), maka para guru selalu akan berkompetisi yang sehat dalam melakukan pembelajaran pada siswa,” pungkasnya. (Sigid-rma/bd)


Dibaca sebanyak 86 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


LITERASI CARA MENAMBAH WAWASAN DAN PENGETAHUAN SISWA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 15 Oktober 2019

Pencegahan Narkoba Wujud Kepedulian terhadap Anak Bangsa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Lebih dari 500 Guru MTs Swasta Ikuti Pembinaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 14 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial