Berita

Halaman Berita

Resepsi Digelar Rentetan Prestasi Digaungkan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Januari 2020

* Resepsi Tasyakuran HAB ke-74 Kementerian Agama Tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga digelar di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga.

Purbalingga - Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama Tahun 2020, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menggelar Resepsi Tasyakuran di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Selasa (14/1/2020). Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut dihadiri ratusan peserta terdiri dari para pejabat dan karyawan PNS/Non-PNS aktif, Kepala KUA, Penghulu, Penyuluh, Pengawas Madrasah/PAIS, perwakilan Kepala-kepala Madrasah, para tokoh termasuk para pegawai yang telah purna tugas.

Dalam sambutannya Kepala Kankemenag kabupaten Purbalingga, Karsono memberikan apresiasi luar biasa kepada seluruh jajarannya yang telah mengabdikan diri demi eksistensi dan kemajuan Kementerian Agama.

"Terima kasih atas kerja keras dan berbagai capaian yang telah berhasil diraih di tahun 2019, semoga menjadi bekal pengabdian kita di tahun 2020 ini," ungkapnya.

Menurutnya ada beberapa capaian yang cukup membanggakan bahkan bernilai memuaskan.

“Pertama, di bidang keuangan penyerapan dana DIPA mencapai angka 99,8%. Ini luar biasa dan Purbalingga masih teratas di Wilayah kerja KPPN Purwokerto. Selain itu Kankemenag Purbalingga juga berhasil meraih peringkat Terbaik I untuk penarikan dana di atas pagu 10 Milyar versi KPPN Purwokerto,” ungkapnya.

Prestasi lainnya adalah diraihnya Predikat Sangat Baik dengan nilai 75,78 pada Bidang Reformasi Birokrasi (RB). Selain itu menurut Karsono, Indeks Zona Integritas mendapat predikat Sangat Baik dengan nilai 70,38 yang membuktikan integritas warga Kantor Kementerian Agama sudah mengalami peningkatan dari keadaan sebelumnya.

“Bukti integritas sudah baik di antaranya adalah alat komunikasi kami dan para pejabat terbuka 24 jam, namun selama ini tidak ada aduan permasalahan berarti dari warga kami maupun masyarakat,” tegasnya.

Karsono dengan bangga juga mengemukakan prestasi kantornya di bidang Keterbukaan Informasi Publik berupa peraihan peringkat pada Kontribusi Berita di Website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

“Dalam hal kontribusi berita ke Kanwil tahun 2019, Kankemenag Purbalingga menempati peringkat 6 dari 35 kabupaten/kota dengan capaian 208 berita. Dan termasuk di antara 12 kabupaten/kota yang memenuhi syarat dalam hal kontribusi berita di website kanwil,” ujarnya.

Ia menginginkan ke depan Humas Kankemenag bisa lebih diperkuat lagi dengan evaluasi secara menyeluruh agar bisa meraih peringkat pertama.

Selain itu menurutnya, Kankemenag Purbalingga masih menjadi satu-satunya Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota yang bisa memfasilitasi calon jemaah haji dalam pembuatan paspor di kantor setempat.  

“Calon jemaah haji kita cukup hadir di kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, tanpa harus berduyun-duyun mengantri hingga malam di kantor imigrasi Cilacap. Inilah salah satu inovasi kita bagi calon jemaah haji apalagi dari mereka banyak yang berusia lanjut,” ungkapnya.

Prestasi lainnya adalah keberhasilan Seksi Pendidikan Madrasah dalam pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi guru-guru PNS maupun Non-PNS bersertifikat setiap bulan. Menurutnya hal tersebut merupakan sebuah terobosan kebijakan yang inovatif, langka dan berani yang baru dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Kankemenag Kabupaten Purbalingga.

“Tujuannya tentu untuk peningkatan kesejahteraan guru, terutama pertimbangan bagi guru-guru non-PNS. Karena guru harus kuat, minimal kantongnya kuat. Jangan sampai guru penampilannya necis kantongnya tipis, bisa kehilangan muka. Apalagi ketika pulang sampai di rumah mau makan saja tidak ada lauk, jangan sampai hal itu terjadi,” tegasnya.

Prestasi di bidang penyelenggaraan pendidikan menurut Karsono adalah telah disepakatinya seluruh madrasah di Kabupaten Purbalingga baik MI, MTs, maupun MA untuk menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer.

“Untuk MTs dan MA sudah berjalan termasuk di kabupaten-kabupaten lainnya. Namun untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) baru Purbalingga yang siap untuk menyelenggarakan ujian berbasis komputer. Kabupaten lain rata-rata masih berbasis kertas,” jelasnya.

Ia menyatakan bahwa Purbalingga merupakan satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang berani menyelenggarakan UNBK secara menyeluruh untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Hal tersebut menurutnya merupakan wujud keikhlasan dan hasil perjuangan luar biasa dari para kepala, guru dan para komite madrasah.

Selain itu Purbalingga juga sukses menggelar kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) ke-2 di Bumi Perkemahan Munjulluhur (6-9/1/2020) yang diikuti seluruh perwakilan kontingen Pramuka Madrasah Tsanawiyah yang ada di kabupaten Purbalingga.

Ia menambahkan, setelah Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) ke-1 Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sukses digelar tahun 2019 dan PPM ke-2 Tingkat MTs tahun 2020 di tahun 2021 direncanakan Purbalingga akan menggelar PPM ke-3 Tingkat Madrasah Aliyah (MA) dalam bentuk Perkemahan Wirakarya.

Prestasi lain yang perlu mendapatkan apresiasi adalah keberhasilan Kankemenag Purbalingga yang telah berhasil menggelar kegiatan Perkemahan Jambore Penyuluh Agama Islam dan Bakti Sosial yang diikuti para Penyuluh PNS dan Penyuluh Non-PNS serta Rakor Penyuluh se-eks Karesidenan Banyumas di Tunjungmuli beberapa waktu.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga melalui partisipasi para Kepala dan guru-guru RA/BA/TA (IGRA) juga berhasil merebut posisi Juara 1 sebagai peserta terbaik Pawai Budaya pada Purbalingga Carnival Vaganza yang digelar Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purbalingga.

Launching Lagu Inovatif

Selaku Kepala Kantor, Karsono juga memberikan penghargaan dan apresiasi luar biasa kepada KUA Karangmoncol 2 yang telah meluncurkan karya inovatif berupa sebuah lagu berjudul “Aku, Kau dan KUA”. Tembang edukatif untuk masyarakat yang digarap apik oleh Tim Kreatif KUA Karangmoncol 2 pimpinan Dun Yamin dan disebarluaskan melalui media sosial tersebut diharapkan akan segera viral dan mengedukasi masyarakat dalam menyegerakan menikah dan menghindari perbuatan zina.

Di akhir sambutannya Karsono berpesan agar jajaran di bawahnya terus menjalin kerja sama yang harmonis sehingga fungsi pelayanan masyarakat yang diembannya terlaksana dengan semakin baik.

“Mari ciptakan harmoni yang indah, seperti halnya para pemusik mereka memukul alat-alat yang berbeda, para pemusik mempunyai fungsi yang berbeda-beda namun menghasilkan satu irama yang indah, sebuah lagu yang nyaman didengar,” pungkasnya. (sar/bd )


Dibaca sebanyak 76 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Pati Serahkan Zakat Profesi ASN ke Baznas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

Kemenag Pati Terima Penghargaan Satker Dengan Setoran Pajak Terbesar Tahun 2019 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 28 Februari 2020

RAT PKPRI Sragen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen - 28 Februari 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial