Berita

Halaman Berita

Ririn, Anak Buruh Tani Mendapat Nilai Terbaik Dari 1593 Peserta Tes CPNS

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 25 Juni 2019

* Ririn Yunita Dwi Pratiwi, anak buruh tani yang mendapat nilai terbaik dari 1593 peserta Tes CPNS.

Wonogiri - Ada sebuah pepatah inspiratif “Ketika Allah kun fayakun, everything is possible”. Hal ini nyata terjadi pada diri Ririn Yunita Dwi Pratiwi wanita kelahiran Ngawi, 06 Juni 1990, berasal dari keluarga kelas bawah, yakni anak buruh tani di sebuah pelosok desa di Ngawi, berhasil lolos menjadi CPNS Kementerian Agama formasi tahun 2018 ini.

Menurut Ririn mengikuti CPNS Tahun 2018 adalah pengalaman pertama  dengan mengambil formasi Guru Bahasa Inggris Ahli Pertama Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah, sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Mendaftar di SSCN lalu mengirim persyaratan via Pos. Hingga tercatat 1593 peserta di akhir pendaftaran administrasi SSCN dimana akan diambil 12 peserta saja di pandang merupakan perjuangan sangat super berat.

“Alhamdulillah, saya lolos seleksi administrasi selanjutnya menunggu informasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sabar. Dengan mempersiapkan diri, memperbanyak latihan soal TWK, TIU, dan TKP dari aplikasi offline maupun online serta mengikuti grup diskusi persiapan CPNS di berbagai media sosial. Itu semua menjadi hal baru bagi saya. Saya lakukan di sela kesibukan mengasuh buah hati saya (momong) plus mengajar sebagai guru wiyata bakti di sebuah madrasah swasta yang sudah dijalani kurang lebih selama 7 tahun. Mendekati hari H, saya harus sudah mempersiapkan semua persyaratan dengan baik dan lengkap,” papar Ririn.

Diawali dengan doa, iktiar dan tawakkal, Ririn mengisahkan mulai mengerjakan tes. Soal TKP menjadi sasaran utama, lalu TWK dan akhirnya TIU. Dia skip soal teks panjang dan soal hitung matematika yang menguras waktu. 100 soal tepat diselesaikan selama 90 menit. "Subhanallah, saya lolos PG atau passing grade. Total nilai 368 dengan rincian TWK 125, TIU 95, dan TKP 148. Alhamdulillah Ya Allah," ceritanya.

Wisudawan terbaik di prodi Tadris Bahasa Inggris tahun 2012 dengan IPK 3.85 STAIN Kediri ini akhirnya menerima pengumuman resmi yang diumumkan pada hari Selasa, tanggal 15 Januari 2019. “Alhamdulillah dengan izin Allah nama saya menempati peringkat pertama dalam formasi Guru Bahasa Inggris Ahli Pertama Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah. Dengan nilai psikotes 81.3, tes praktek kerja 86.86, dan wawancara 90.93. Subhanallah Walhamdulillah. Allahu akbar! Saya tersedu dalam sujud syukur. Itu semua terjadi diluar dugaan saya. Ketika Allah kun fayakun, nothing is impossible, Ini adalah keajaiban dari Allah,” jelasnya lagi.

Di temui di Kankemenag Wonogiri, dengan suara lirih dan terbata Ia mengungkapkan syukur kepada Gusti Allah, ketika mendapat informasi kelulusan langsung sujud syukur. “Kabar baik saya hadiahkan kepada Bapak saya. Seorang buruh tani, seorang jenius yang sempat bercita-cita menjadi guru, namun belum terwujud karena keterbatasan ekonomi saat itu. Ini untukmu, Bapak,” pungkasnya.(mursyid-heri/Sua)


Dibaca sebanyak 22 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial