Berita

Halaman Berita

Sambut Hari Suci Nyepi Dengan Mulat Sarira

Oleh Subbag Inmas 02 - 24 Maret 2020

* Pembimbing Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Dewa Made Artayasa

Semarang (Inmas) – Umat Hindu menggelar upacara Tawur Agung Kesanga tahun caka 1942, yang bertepatan dengan 24 Maret 2020, Tawur Agung kesanga dilaksanakan menjelang peringatan hari raya Suci Nyepi bagi umat Hindu.

Hari Suci nyepi merupakan hari raya bagi umat Hindu untuk mawas diri. Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Dewa Made Artayasa yang biasa dipanggil Dewa menyampaikan Tawur Agung kesanga  dilaksanakan di Candi Prambanan dengan sederhana dan hitmat dihadiri oleh 60 orang saja, yang terdiri dari Pandita orang yang disucikan sebagai pelaksanan Upacara untuk menghantarkan puja-pujaan guna menyeimbangkan alam, dan hanya beberapa Pinandite yang ditunjuk serta tambah panitia. “Umat Hindu ikut mendukung program pemerinrah bersama-sama  dalam memutus penyebaran Virus Covid-19”. Ucap Dewa  

Hari suci nyepi yang jatuh tanggal 25 Maret 2020 akan dilaksanakan mulai besuk, Dewa mengatakan “dalamHari Suci Nyepi itu dengan tapa brata Nyepi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, karena umat Hindu adalah umat yang patuh pada agama dan  aturan pemerintah maka dalam melaksanakan penyepian ini sekaligus untuk memutus tali rantai Virus Covid-19 sesuai program pemerintah,” lanjut Dewa

Dalam pelaksanaan Catur Brata Penyepian meliputi amati geni  (tidak menggunakan api dan atau menghidupkan api). Artinya umat Hindu tidak boleh mengumbar amarah, seperti emosi,  benci dan sebagainya.

Yang kedua adalah amati karya (tidak bekerja). Menghentikan segala aktifitas pekerjaan bagi umat Hindu dan berfokus kepada sang Pencipta, yaitu untuk menheningkan diri sera introspeksi diri.

Kemudian, yang ketiga adalah amati lelungan, artinya tidak boleh berpergian. Selama perayaan Nyepi, umat Hindu harus dapat mengendalikan diri dan berdiam diri di rumah.

Keempat adalah amati lelanguan. Artinya tidak mengumbar hawa nafsu, tidak menikmati hiburan, tidak berkreasi dalam penyepian, umat Hindu betul-betul konsentrasi, mulat sarira dalam sebuah kehidupan ini.

“Jadikan Catur Brata Penyepian sebagai awal dalam memperkuat komitmen kita peduli pada sesama, demi merawat kemanusiaan. Semangat dalam beragama serta sangat untuk memutus  penyebaran Covid-19 sesuai aturan pemerintah saat ini,” tutupnya.  (bd/bd)


Dibaca sebanyak 71 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru



Terapkan New Normal, Kemenag Pati Berlakukan Sistem Kerja WFO untuk Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Sambut New Normal, Kemenag Pati Gelar Apel Perdana Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 05 Juni 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial