Berita

Halaman Berita

Screening Test Cegah Kelainan Siswa Sedini Mungkin

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 19 September 2019

* dr. Ayu melakukan pemeriksaan dalam kegiatan Screening Test di MTsN 1 Surakarta. (17/9)

Surakarta - Puskesmas Manahan menggelar screening tes (program jaringan kesehatan) di sekolah tingkat satu SD/MI – SMA/MA wilayah Manahan dan Mangkunegaran. Salah satunya di MTsN 1 Surakarta, Selasa (17/9) yang sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya untuk siswa baru.

Kegiatan tidak dipungut biaya alias gratis ini dibimbing khusus oleh Dewi Nurjannah selaku seksi UKS. Ia mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengetahui  kelainan atau penyakit pada siswa didik sedini mungkin dan meningkatkan kesehatan anak-anak pada usia sekolah. Beberapa macam pemeriksaan yang dilakukan antara lain pemeriksaan visus mata, pengukuran gizi, pemeriksaan gigi, dan pemeriksaan THT.

“Pemeriksaannya menyenangkan, dokternya ramah-ramah, saya jadi lebih mengetahui kesehatan.” ungkap Argho Banyu, kelas 7TQ.

Banyu mengatakan bahwa hasil screening tesnya bagus, hanya satu kekurangannya yaitu berat badan. “Saya termasuk kurus, Bu. Berat badan saya hanya 33 kg, padahal dengan tinggi badan 155 harusnya 45 kg. Mungkin ini karena saya habis sakit bu, “tutur Bayu.

Puskesmas menugaskan satu dokter per harinya dan beberapa pembantu dokter. Salah satunya yaitu dr. Gemma Ayu Dewanti. Beliau melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti mata ,gigi, dan gizi.

“Pemeriksaan yang dilakukan meliputi berat badan, penglhatan (rabun jauh / buta warna) serta pendengaran. Program ini sangat penting apabila ada yang tidak sesuai atau tidak normal akan diberi surat pengantar untuk pemeriksaan lebih lanjut, “jelas dr Ayu.   

“Siswa madrasah disini sangat kooperatif, maksudnya dapat melaksanakan dengan baik apa yang diperintahkan. Untungnya, terdapat tempat khusus seperti UKS sehingga kami tidak kerepotan karena ada sekolah yang menghendaki pemeriksaan dilakukan di kelas masing masing sehingga kami kerepotan membawa peralatan pemeriksaan ke setiap kelas. Saya harap UKS MTsN 1 Surakarta ini ditambah pencahayaannya supaya memudahkan pemeriksaan mata, “tambahnya.

Pihak Puskesmas sangat bersyukur karena tes screening kesehatan sudah masuk program madrasah. Sarana dan prasarana yang diperlukan pihak puskesmas sudah tersedia di MTsn 1 Surakarta.

“Timbangan, alat pengukur tinggi badan dan snallen Chart sudah tersedia, kalau tidak kita akan kerepotan membawanya, “ pungas dr. Ayu.

Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh puskesmas di MTs N Surakarta 1 kesehatan siswa kelas 7 MTsN 1 sehat, hanya ada 10 persen yang mendapat surat pengantar untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kebanyakan surat pengantar lebih lanjut untuk pemeriksaan gigi. Selain itu ada beberapa anak yang harus periksa ke dokter THT karena kotoran di telinga keras dan harus dibersihkan oleh dokter THT.

Tes screening ini diharapkan dapat mendeteksi berbagai penyakit lebih dini. Jika terdeteksi lebih dini bisa segera ditindaklanjuti dan tidak menghambat kegiatan belajar mengajar siswa. (Diana_an/)


Dibaca sebanyak 43 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial