Berita

Halaman Berita

Segerakan Launching Kerjasama Sultan Nikah Capingan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 30 Juli 2020

* Plt. Kasi Bimas Islam, Achmad Arifin bersama Kepala DPPKB Kota Surakarta saat menyampaikan sosialisasi di Aula Kemenag Kota Surakarta

Surakarta -  Kerjasama Kementerian Agama Kota Surakarta dengan Pemerintah Kota dalam hal ini DPPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Surakarta, akan segera di ujicobakan dan diterapkan dalam pelayanan masyarakat. Kepala KUA serta Pengelola Kantor Urusan Agama Kecamatan se-Kota Surakarta hadir dalam Sosialisasi dan Koordinasi bersama DPPPKB Kota Surakarta terkait segera dilaunchingnya Pelayanan Sultan Nikah Capingan ( Konsultasi Pra Nikah Bagi Calon Pinanganten) untuk calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan di wilayah Kota Surakarta(30/07).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Plt.Kasi Bimas Islam, Achmad Arifin yang menjelaskan tentang kondisi dan banyaknya peristiwa pernikahan di KUA se-Kota Surakarta. “Tahun lalu, secara rutin kami mengundang para calon pengantin, dalam sebuah kegiatan bersama yaitu Bimbingan Perkawinan namun dikarenakan kondisi pandemic maka sampai saat ini, bimwin dilakukan secara mandiri yaitu pada saat jonggolan atau pemeriksaan data catin,”jelasnya. Dengan adanya kerjasama ini, Arifin berharap pelaksanaan bimwin nantinya semakin lebih baik karena dibantu oleh DPPKB. “Maka nanti, saya minta harus ada koordinasi dengan masing-masing KUA Kecamatan untuk dapat mengatur bagaimana teknis pelaksanaan dan materi yang akan disampaikan,” tuturnya. Selanjutnya, Arifin menjadwalkan dimulainya uji coba mulai pekan depan.

Senada, Kepala DPPKB Kota Surakarta, Purwanti dalam keterangannya menjelaskan kegiatan ini merupaan tindak lanjut dari pertemuan bersama Kepala KanKemenag Kota Surakarta. “Dilandasi rasa keprihatinan kita akan situasi dan kondisi dimana angka perceraian yang cukup tinggi,untuk itu tugas kita bersama untuk membentuk ketahanan dan kesejahteraan keluarga,”jelasnya. Ia menambahkan bahwa materi yang akan disampaikan tidak hanya menyangkut Keluarga Berencana, namun ada beberapa poin diantaranya merencanakan keluarga, menyiapkan keluarga, UU Perkawinan, kewajiban orang tua, fungsi keluarga dan kesehatan reproduksi. “Kesemuanya nanti akan kita bekalkan pada calon pengantin, dan akan diberikan buku saku setelah mengikuti pembinaan tersebut,”imbuhnya. Purwanti menanggapi permintaan Plt. Kasi Bimas Islam, untuk menjadwalkan uji coba mulai pekan depan, meski secara resmi uji coba akan di mulai 10 Agustus. (may/bd)


Dibaca sebanyak 55 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi Subbag Inmas 04 - 24 September 2020

Bupati Purbalingga Serahkan Hak Pakai Gedung eks Pengadilan Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 24 September 2020

Maksimalkan Keikutsertaan KSM Online Nasional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 24 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial