Berita

Halaman Berita

Seksi Bimas Islam Menyelenggarakan Bimtek SIMKAH

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas - 10 September 2019

* Peserta antusias mendengarkan paparan dari Narsum

Purwokerto-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Banyumas melalui Seksi Bimas Islam menyelenggarakan  Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi System Informasi Administasi Nikah (SIMKAH) berbasis Web di Aula Al-Ikhlas Senin,(9/9) yang dihadiri seluruh operator dan Kepala KUA Kecamatan se Banyumas. Kegiatan dimaksudkan untuk memudahkan dalam pengelolaan administrasi nikah rujuk, penggunaan data berbasis data kependudukan, pelaporan dan penyampaian data yang tepat dan akurat.

Dalam membuka acara Kasubbag TU Ibnu Asaddudin, mengatakan bahwa pada dasarnya SIMKAH tanpa operator tak berarti apa-apa, oleh karena itu kehadiran operator sangatlah diharapkan dan saya ucapkan terimakasih. Untuk itu marilah kita senantiasa bekerja keras dan kerja cerdas.

"Dengan menggunakan SIMKAH ini operator akan mengetahui identitas calon pengantin melaui Nomor Induk Kependudukan (NIK), sehingga calon pengantin tidak bisa lagi melakukan penipuan terhadap identitasnya," kata Ibnu.

Sementara Kasi Bimas Islam Akhsin menjelaskan aplikasi SIMKAH berbasis web diharapkan makin mempermudah dan meningkatkan pelayanan di KUA Kecamatan pada masyarakat, dan bagi operator dan Kepala KUA, melalui bintek ini masing-masing bertanggungjawab atas keberhasilan aplikasi web tersebut di wilayah kerjanya masing-masing.

“Kelebihan SIMKAH web adalah terintegrasinya dengan dukcapil dan saat operator mengimput data catin maka data tersebut tersave di server Kemenag, dan bisa terbaca di seluruh Indonesia. Kelebihan kedua adanya validasi NIK, operator Kecamatan akan terbantu dalam hal mendaftar dan menginput data dirinya masing-masing. Kelebihan lain adanya kartu nikah yang memiliki barcode,” jelasnya.

Lebih lanjut  kata Akhsin, SIMKAH sebenarnya sudah ada sejak tahun 2006 silam, persisnya setelah Bimas Islam berpisah dengan Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pelayanan administrasi berbasis teknologi.

“Dengan adanya penambahan validasi NIK operator terbantu, secara otomatis akan terintegrasi ke aplikasi dan akan memunculkan nama, tempat dan tanggal lahir, nama bin, status dan data lainnya untuk melengkapinya pada saat pencetakan buku nikah,” tambahnya.(mdr/rf)


Dibaca sebanyak 41 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembukaan Pospeda VIII Tahun 2019 Sukses dan Meriah Subbag Inmas 07 - 13 September 2019


Banyak Prestasi Yang Di Capai Kemenag Jawa Tengah Subbag Inmas 02 - 13 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial