Berita

Halaman Berita

Seluruh Peserta Dididk MA Muhammadiyah Surakarta Setor hafakan Setengah Juz pada semester Gasal tahun 2019-2020

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 08 Oktober 2019

* Siswi MA Muhammadiyah berpose usai murajaah

Surakarta - Madrasah Aliyah Muhammadiyah Surakarta mulai tahun Pelajaran 2019/2020 menerapkan Program Tahfidz sebagai salah satu Program Unggulan Madrasah, program ini diikuti oleh seluruh peserta didik dibimbing secara intens oleh Ustadz Muh. Muslam, S. Pdi, AlHafidz. Beliau adalah Trainer Hafidz Quran dari Lembaga Tahfidz Quran Zahrawain, dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al Quran di MA Muhammadiyah Surakarta bersama dengan Ustadz Budiman yang telah menghafal 20 Juz Al Qur’an, menggunakan metode Giza yaitu siswa ditalaqi langsung oleh Guru dalam mengucapkan setiap kata,  kalimat hingga surat Al Qur’an. 
Setelah melalui proses pembelajaran Tahfidz yang menyenangkan dibimbing Ustad yang berkompeten selama setengah semester dari bulan Agustus sampai September 2019, maka dimulai dari Hari Jumat 27 September hingga Jum’at 04 Oktober 2019, khusus untuk PTS mapel Tahfidz peserta didik mengujikan hafalannya dengan cara menyetorkan hafalan setengah Juz kepada Ustadz pembimbing dalam sekali duduk, kegiatan setoran ini dilakukan dua kali oleh setiap peserta didik, yang pertama dilakukan secara bersama-sama dalam kelompok peserta didik putra dan kelompok Putri, kegiatan in dinamakan dengan Murajaah Kubra, sedangkan setoran yang kedua adalah murajaah yang dilakukan secara mandiri.
Dua bentuk kegiatan Murajaah ini direkam dalam bentuk video, dari video tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam pemebelajaran Tahsin dan Tahfidz berikutnya, video ini juga dijadikan sebgai salah satu bentuk laporan yang dapat dilihat oleh orang tua peserta didik mendampingi laporan PTS tertulis. Peserta didik juga merasa bahagia bahwa dirinya dalam setengah semester telah memiliki hafalan setengah juz yang dapat dibuktikan dalam  video rekamannya, semoga dengan kegiatan ini dapat menambah keyakinan siswa untuk terus meningkatkan jumlah hafalannya hingga 30 Juz. Aamiin. (reny-my/bd)


Dibaca sebanyak 26 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial