Berita

Halaman Berita

Siapkan Generasi Qur'ani Untuk Menyongsong Masa Depan Gemilang

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 06 Februari 2019

* 118 siswa mengikuti wisuda Tahfidz dan Tajdid SD Muhammadiyah Program Khusus di Hotel Multazam. (2/2)

Surakarta - Sedikitnya 118 siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus  Kota Barat Kecamatan Laweyan Kota Surakarta mengikuti acara wisuda Tahfidz dan Tajdid dengan mengangkat tema "Siapkan Generasi Qur'ani untuk Menyongsong Masa Depan Gemilang" di Hotel Multazam, Sabtu(2/2).

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Program Khusus, Nur Salam menyampaikan laporan bahwa kegiatan Wisuda Tahfidz dan Tajdid ini merupakan produk pembelajaran tartil dan tahfidz menggunakan metode Tajdid.

"Adapun tujuan kegiatan ini adalah memberikan apresiasi kepada anak-anak yang cinta Al Qur'an dan hatinya diisi Al Qur'an agar terbentuk pribadi-pribadi yang berakhlak Al Qur'an  yaitu anak-anak yang berakhlakul karimah,cerdas dan mandiri," tuturnya.

Lebih lanjut Nur Salam menyampaikan bahwa tahfidz adalah salah satu program unggulan di SD Muhammadiyah Program Khusus yang setiap tahun terus dievaluasi dan dikembangkan.

Keunggulan metode Tajdid itu, menurut Nur Salam,  pengenalan huruf dengan menggunakan alat peraga gambar dengan pengkategorian  yang divariasi dengan lagu Hijaz,cara membaca Al Qur'an dengan tepuk untuk membedakan panjang pendeknya.

Disamping itu, katanya, modifikasi lagu dan tepuk dalam metode tajdid ini bermanfaat untuk menyelaraskan otak kiri dan otak kanan sambil latihan berfikir tingkat tinggi.

Pengawas Pendidikan Agama Islam SD Kemenag Kota Surakarta Sumiyati pada sambutannya mengatakan,"Kami mewakili Kemenag Kota Surakarta memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang telah dicapai oleh SD Muhammadiyah Program Khusus dalam bidang Pendidikan Agama Islam,”.

Sumiyati menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar SD Muhammadiyah Program Khusus yang telah ikut mendukung  terwujudkan visi misi Kemenag di dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam di sekolah.

"Diantara tujuan bidang PAIS adalah terwujudnya peningkatan mutu siswa lulusan PAIS dan terwujudnya pengembangan Kurikulum dan pembelajaran PAIS, yang kedua hal ini telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah Program Khusus," imbuh Sumiyati.

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah dari Titik Sayekti, mewakili Korwil 1 Kecamatan Laweyan kepada kepada wisudawan-wisudawati terbaik. (miyati-rma/bd)


Dibaca sebanyak 339 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


ASN Kemenag Wonosobo Harus Menjadi Alat Negara Mewarnai Kehidupan Beragama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 17 September 2019

Dandim 0726 Sukoharjo Ingin Siswa MIN 2 Sukoharjo Mencintai Negaranya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo - 17 September 2019

Siswa MIN 2 Kendal Ukir Prestasi di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup 2 di Jakarta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal - 17 September 2019

Informasi Penting


Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019



Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial