Berita

Halaman Berita

Silaturahmi Kuatkan Ikatan Persaudaraan

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 20 Juni 2019

* Silaturahmi Keluarga Besar IGRA se-Kabupaten Purbalingga, Kamis (20/6) di Aula Gedung PGRI berlangsung sukses dihadiri para pejabat terkait.

Purbalingga - Sejumlah 650 orang guru dari 250 RA/BA/TA dihadirkan pada acara Silaturahmi Keluarga Besar Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Purbalingga yang digelar di Aula PGRI Kabupaten Purbalingga, Kamis (20/06/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Pengawas RA/BA-MI di lingkungan Kankemenag Kabupaten Purbalingga serta Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah dan Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Purbalingga.

Kasi Pendidikan Agama Islam, Sugeng Riyadi dalam sambutannya mewakili Kepala Kankemenag menyampaikan pentingnya silaturahmi dan bahaya memutuskannya. “Di antara manfaat silaturahmi adalah menambah rejeki dan memanjangkan umur. Demikian termaktub dalam salah satu hadits Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Sugeng pun memaparkan salah satu penggolongan manusia sebagai bahan muhasabah di dalam bulan Syawal.

“Ada 3 penggolongan manusia yaitu Muwashil, Mukafi’ dan Muqaathi’. Kita termasuk kelompok yang mana, mari jadikan sebagai bahan koreksi diri kita masing-masing,” ungkapnya.

Sugeng menjelaskan, golongan Muwashil (penyambung) adalah kelompok orang yang suka bersilaturahmi. Ia suka mengunjungi siapa saja, baik orang yang mau berkunjung ke rumahnya maupun orang yang tidak mengunjungi rumahnya untuk bersilaturahmi.

Golongan Mukafi’ (pembalas) disebut juga sebagai pengimbang. Orang-orang dalam kelompok ini hanya berkunjung ke rumah orang lain yang mendatangi rumahnya sekedar untuk mengimbangi kunjungan yang dilakukan orang tersebut. Ia tidak mengunjungi orang lain atau tetangganya yang tidak mendatangi rumahnya untuk bersilaturahmi.

Sedangkan golongan Muqaathi’ (pemutus) adalah golongan orang yang memutus tali silaturahmi yang dijalin orang lain. Ia tidak membalas kunjungan silaturahmi tetangganya maupun saudara-saudaranya.

Selain menyampaikan permohonan maaf, Sugeng pun memberikan apresiasi atas inisiatif dan kerja keras segenap jajaran pengurus dan anggota PD IGRA Kabupaten Purbalingga.

Ketua PD IGRA Kabupaten Purbalingga, Khotimah menjelaskan, kegiatan yang digelar secara mandiri tersebut mengangkat tema Silaturahmi Menguatkan Ikatan Persaudaraan. Intisari dari tema tersebut diuraikan dalam tausiyah yang disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Az Zuhriyyah Karangsentul – Purbalingga, K.H. Nurkholis Masrur. (sar/bd)


Dibaca sebanyak 60 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


353 Peserta Ikuti MTQ Pelajar & Umum Tingkat Kabupaten Pekalongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan - 27 Juli 2019

9 Rombongan JCH Kota Tegal Serahkan Koper Haji Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

324 Siswa Baru MTsN Kota Tegal Antusias Ikuti Matsama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 16 Juli 2019

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial