Berita

Halaman Berita

Sinkronisasi PTSP Tingkat Propinsi, Kanwil Kemenag Jateng Kunjungi Kemenag Wonosobo

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo - 18 September 2019

* PTSP Sinkron Propinsi

Wonosobo - Tim PTSP Kanwil Kemenag Jateng melakukan kunjungan ke Kantor Kemenag Wonosobo, Senin (16/09/2019). Kunjungan yang dilakukan oleh Gentur Rachma Indriadi dan Budiawan selaku tim PTSP Kanwil bersama Akira selaku pengembang aplikasi PTSP ini terkait pemasangan aplikasi dan setting pelaksanaan PTSP.

 

Tim PTSP Kanwil Jateng, Gentur Rachma Indriadi mengungkapkan, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah menekankan agar seluruh Kankemenag Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah pada tahun ini wajib sudah melaksanakan PTSP. Selain itu, aplikasi PTSP yang digunakan juga harus seragam dengan aplikasi yang digunakan PTSP Kanwil.

 

"Kedepan, data PTSP Kankemenag Kabupaten atau Kota akan terintegrasi dengan Kanwil sehingga kami di Kanwil bisa memantau perkembangan layanan yang ada di Kankemenag dalam rangka peningkatan kinerja kita agar ke depan lebih baik," ungkapnya.

 

Aplikasi PTSP versi terbaru adalah versi v1.1.2 yang membawa beberapa perubahan penting. Salah satunya dengan aplikasi PTSP terbaru, tampilan PTSP sudah bisa disesuaikan dengan profil masing-masing Kankemenag.

 

"Aplikasi ini merupakan update versi kedua, sudah kita upgrade agar bisa disesuaikan dengan profil Kemenag masing-masing dan konten didalamnya. Fitur-fiturnya semakin lengkap dan saat ini kita sedang mengembangkan PTSP secara online sehingga layanan nantinya bisa dilayani secara online. Segala kendala permasalahan sudah dianalisa oleh mas Akira sehingga bisa menampilkan output yang mudah digunakan oleh petugas dan masyarakat," bebernya.

 

Dalam pendampingan, dilakukan simulasi pelayanan PTSP mulai dari pelayanan kepada pemohon layanan yang datang mengajukan permohonan layanan sampai kepada penyerahan dokumen kepada pemohon. Mulai dari petugas front office, caraka, back office, dan admin PTSP mengikuti seluruh penjelasan dari Gentur.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, M. Thobiq meminta kepada tim kerja PTSP Kankemenag Kabupaten Wonosobo untuk berkomitmen melaksanakan pelayanan melalui PTSP Kankemenag Kabupaten Wonosobo.

 

"Kepada para pejabat dan petugas yang menanganinya harus betul-betul berkomitmen bersama atas prinsip kita bahwa kalau kita ingin mendapatkan apresiasi, ingin mendapatkan penghargaan dan ingin dihargai maka kita harus memberikan pelayanan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat. InsyaAllah kita bisa dengan satu tekad bersama bahwa ini adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama," bebernya.

 

Lebih lanjut, komitmen tersebut perlu dijaga demi harga diri, nama baik, kerhormatan dan wibawa Kementerian Agama. Nantinya pada saat pelaksanaan PTSP, M. Thobiq akan mengontrol secara langsung bagaimana pelaksanaan di lapangan. Penghargaan akan diberikan kepada siapapun yang berkomitmen. Dan tindakan akan diberikan kepada siapapun jika ada inkonsistensi didalamnya.

 

"Kita harus memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang ada. Tetapi manakala tidak bisa, maka kita harus menginformasikan bahwa ketidakbisaan tersebut karena ada suatu sebab dan ada kejelasan. Tidak boleh ada kata 'mungkin'. Masyarakat tidak butuh janji-janji tapi butuh realitas dan konkrit apa yg menjadi pelayanan kita bersama. Saya yakin dengan bersama-sama kita bisa," jelasnya.

 

Dia berharap melalui kegiatan pendampingan PTSP oleh tim PTSP Kanwil bisa memberikan bimbingan baik teori maupun praktiknya. Sehingga akan menghasilkan kinerja PTSP Kankemenag Kabupaten Wonosobo yang berkualitas. PS-WS


Dibaca sebanyak 44 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Upaya Mewujudkan Madrasah Ramah, MTsN Kota Tegal Gandeng DP2KBP3A Kantor Kementerian Agama Kota Tegal - 18 Oktober 2019


Mewadahi Aspirasi Guru PAI, DPD AGPAII Dilantik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga - 18 Oktober 2019

Informasi Penting


Surat Edaran Gerakan Roan Akbar Administrator - 06 Oktober 2019

Materi Workshop SDM Hukum 23082019 Administrator - 29 Agustus 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial