Berita

Halaman Berita

Sosialiasi Panduan Kurikulum Darurat Madrasah : Persiapkan New Normal

Oleh Subbag Inmas 08 - 05 Juni 2020

* Rapat virtual Tahap ke-2 membahas Persiapan Awal Tahun TP 2020/2021 di Madrasah pada masa darurat Covid-19

Semarang (Inmas) - Sebanyak 230 orang peserta terdiri dari Pengawas Madrasah, Kepala MAN dan Kepala MIN se-Jateng, mengikuti Rapat virtual Tahap ke-2, yang Tahap ke-1 nya telah dilaksanakan Rabu kemarin, rapat membahas Persiapan Awal Tahun TP 2020/2021 di Madrasah pada masa darurat Covid-19 diselenggarakan Kamis (04/06) atas inisiasi Bidang Penmad Kanwil Kemenag Prov. Jateng. 

Hadir memberikan arahannya Kabid Penmad A.Saifulloh berharap peserta rapat kali ini dapat memahami dan menyamakan persepsi dalam menelaah panduan kurikulum darurat dan persiapan new normal di Madrasah.

"Setelah rapat nanti, kami berharap bapak/ibu semua dapat memahami dan menyamakan persepsi dalam menelaah panduan kurikulum darurat dan persiapan new normal di Madrasah," harap Saifulloh.

Dalam kesempatan ini, ikut serta Kasi Kurev MA/MAK pada Subdit Kurev Direktorat KSKK Madrasah, DR. Suwardi, M.Pd menyampaikan beberapa point penting diantaranya:
1. Implementasi Kurikulum Madrasah sesuai KMA Nomor 183 dan 184 Tahun 2019 berlaku efektif mulai TP 2020/2021 di seluruh jenjang MI, MTs, MA pada semua tingkatan kelas.
2. Diversifikasi Madrasah yang terdiri dari Madrasah Unggulan (MA Akademik, MA Keagamaan, MA Plus Keterampilan, Madrasah Riset) dan Madrasah Reguler.
3. Kanwil Kemenag Provinsi dapat menetapkan implementasi Kaldik Madrasah di wilayahnya menyesuaikan kebutuhan dan kondisi daerah dengan tetap mengacu pada SK Dirjen Pendis Nomor 2491 tentang Kaldik Madrasah TP 2020/2021.
4. Pembelajaran di Madrasah selama pandemi Covid-19 berpedoman pada SK Dirjen Pendis Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat Madrasah, dengan demikian pembelajaran akan tetap menjamin kesehatan, keamanan, dan keselamatan warga madrasah serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh siswa Madrasah.

“Madrasah akan hebat jika menjalankan otonomi, kreativitas, partisipasi seluruh warga Madrasah, dan manajemen kepemimpinan yang hebat bila dijalankan akan luar biasa hasilnya. Madrasah akan hebat dan bermartabat kalau melakukan inovasi tiada henti,” pungkas Suwardi.

Menurut Kasi Kurev Bidang Penmad, Juair menyampaikan sudah menyiapkan surat edaran perihal panduan penyusunan KTSP Madrasah dan Pedoman Penyusunan Kaldik Madrasah.

“Dalam waktu dekat panduan KTSP dan Kaldik tersebut akan kami edarkan untuk dipedomani seluruh Madrasah,” imbuh Juair. (bch/qq)


Dibaca sebanyak 163 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Pembinaan Administrasi dan Data Perwakafan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 September 2020

Pembinaan Kepala KUA di Lingkungan Kemenag Kab. Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung - 19 September 2020

Bina Pegawai KUA Kragan, Ini Sejumlah Pesan Kakankemenag Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang - 18 September 2020

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial